Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
Mengenang Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
N/a
Kamis, 21 Agustus 2014 pukul 10:57:23   |   905 kali

Pontianak – Merdeka atau mati!!! Begitulah seruan yang diteriakan rakyat Indonesia ketika berperang dengan tentara Belanda dan Jepang yang menjajah bangsa Indonesia. Puncak perjuangan bangsa Indonesia yaitu pada 17 Agustus 1945. “Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.” Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Selama 69 tahun setelah proklamasi kemerdekaan, setiap tahun pada 17 Agustus, bangsa Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Begitu pula keluarga besar Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Barat turut memperingatinya. Puncak peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang diadakan di Halaman Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kalimantan Barat berlangsung khidmat. Anugerah Komara selaku Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat mendapat kehormatan sebagai Pembina Upacara.

Sempat dikhawatirkan turun hujan karena awan tebal menyelimuti Kota Pontianak. Namun cuaca cukup bersahabat ketika berlangsungnya upacara. Mengenakan seragam putih hitam, seluruh pegawai berbaur menjadi satu dalam suasana penuh hikmah dan suka cita. Masih dalam suasana “Lebaran” keluarga besar Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Barat memanfaatkan momen kebersamaan ini untuk bersilaturahmi.

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-69 diharapkan dapat menjadi momentum bagi keluarga besar Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Barat menciptakan “Sinergi” yang lebih kuat dalam mengamalkan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan.(teks: Egi / foto: Suryo & Egi)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini