Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
Kakanwil DJKN DKI Jakarta: Kembali kepada Fitrah Kita sebagai Manusia dan Pegawai Negeri Sipil
N/a
Senin, 18 Agustus 2014 pukul 09:57:41   |   816 kali

Jakarta  Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) DKI Jakarta menyelenggarakan acara halal bi halal dalam memperingati Hari Raya Idul Fitri 1435 H pada Senin, 11 Agustus 2014 mulai pukul 13.30 WIB di Pendopo Kanwil DJKN DKI Jakarta. Acara yang berlangsung dalam suasana penuh keakraban dan kekeluargaan ini dihadiri oleh seluruh keluarga besar pegawai di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta dan KPKNL Jakarta I s.d. V.

Acara dimulai dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Kepala Seksi Piutang Negara II Kanwil DJKN DKI Jakarta Muhammad Zulkifli, yang diikuti dengan penuh khidmat oleh seluruh pegawai yang hadir. Selanjutnya, Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Try Intiaswati berkenan membuka acara halal bi halal. Tak seperti biasanya dalam membuka acara yang langsung diisi dengan sambutan dan arahan, Kakanwil membuka acara dengan mengajak para Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta untuk maju ke atas panggung guna menyanyikan lagu berjudul “Assalamualaikum” dan “Akhirnya”. Kedua lagu yang sangat bagus disenandungkan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri, yang tampak seperti menyihir para pegawai yang hadir memenuhi ruangan pendopo begitu menghayati lirik demi lirik kedua lagu tersebut.

Usai menyanyikan lagu bersama, Try melanjutkan dengan sambutan dan arahannya. “Tentu karena adanya rasa syukur dan semangat kebersamaan kita semua hadir di sini,” ujar Kakanwil dalam sambutannya. Try menambahkan bahwa bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat tepat untuk introspeksi diri tentang apa yang sudah kita lakukan, kesalahan, dan kekurangan kita. Makna Hari Raya Idul Fitri yaitu hari raya kemenangan, yaitu hari di mana kita menghapus semua dosa dan kesalahan. “Kita bersukacita di Hari Raya Idul Fitri, berkumpul dengan keluarga besar dan kerabat untuk saling meminta maaf,” ungkap Try.

Kakanwil menambahkan bahwa sudah selayaknya kita semua selalu bersyukur atas segala nikmat dari Allah SWT, khususnya bekerja sebagai pegawai negeri sipil (aparatur sipil negara –red.) dalam keluarga besar Kanwil DJKN DKI Jakarta. “Kembali kepada fitrah kita sebagai manusia dan pegawai negeri sipil,” ujar Kakanwil. Try mengarahkan bahwa sebagai manusia dan PNS kita harus berusaha dan bekerja dengan baik untuk membiayai dan menafkahi hidup kita dan keluarga kita. “Kita berkumpul menjadi satu di ruangan ini untuk bersilaturahmi, saling bermaaf-maafan atas apa yang kita lakukan di waktu-waktu yang lalu,” pungkas ibu yang hobi menyanyi dan memasak ini.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan santap ringan bersama, di mana menu santap ringan dipersiapkan dan dimasak bersama oleh Kakanwil dan pegawai di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta. Mengiringi santap ringan, lantunan senandung lagu-lagu dari perwakilan pejabat dan pegawai pada bagian/bidang di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta dan KPKNL Jakarta I s.d. V begitu menghidupkan dan menyemarakkan acara ini. Seperti lazimnya halal bi halal, acara diakhiri dengan bersalam-salaman antara seluruh pegawai dan pejabat yang hadir untuk saling meminta maaf lahir dan batin, serta untuk mempererat tali silaturahmi yang bertujuan untuk menciptakan suasana nyaman, tenteram, dan damai dalam suasana kebersamaan dan kekeluargaan di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta.

(Teks: Harry Budiarto, Bidang KIHI; Foto: Harry Budiarto/Samuel Parlindungan | Editor: Achie Humas DJKN)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini