Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
Medical Check Up Pegawai KPKNL Semarang: Jagalah Sehatmu Sebelum Datang Sakitmu
N/a
Selasa, 04 Maret 2014 pukul 09:01:36   |   875 kali

Semarang - Sakit adalah resiko pribadi dan harus ditanggung oleh pribadi itu sendiri. Disadari atau tidak setiap orang yang dalam kondisi baik selalu merasa dirinya sehat. Padahal banyak penyakit yang tidak menimbulkan gejala apapun pada awalnya, dan ternyata saat terdeteksi, sudah terlambat sehingga menjadi sulit untuk disembukan. Sebagai bentuk kepedulian terhadap pegawai, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang bekerjasama dengan CITO Laboratorium Klinik mengadakan Medical Check Up (MCU) untuk seluruh pegawai KPKNL Semarang pada 27 Pebruari 2014 di ruang rapat KPKNL Semarang, Lantai 4 Gedung Keuangan Negara Semarang II, Semarang.

Ruangan ini telah “disulap” menjadi sebuah klinik sederhana dengan dibagi beberapa ruangan seperti Ruang Pendaftaran dan Pengambilan sample Darah, Ruang Elektrokardiografi (EKG) dan Ruang Pemeriksaan Fisik Dokter. Adapun untuk pemeriksaan Rontgen/Foto Thorax dilakukan di parkiran GKN Semarang II menggunakan mobil khusus yang disediakan oleh CITO Laboratorium Klinik.

Kepala KPKNL Semarang Dharmasetiawan mengatakan bahwa ini merupakan awal bagi KPKNL Semarang melakukan pemeriksaan kesehatan untuk seluruh pegawainya. Melihat fenomena yang ada di lingkungan kerja dimanapun banyak diantaranya rekan kerja yang sebelumnya terlihat sehat-sehat saja, namun secara mengejutkan tiba-tiba dikabarkan meninggal karena serangan jantung. “Rencananya ini (MCU-red) akan dilakukan rutin setiap tahunnya, agar kawan-kawan tahu perkembangan kesehatannya, sehingga bisa lebih prepare, kemarin masih bercanda tiba-tiba malamnya dikabari sudah tidak ada,” tutur Iwan, panggilan akrab Kepala KPKNL Semarang ini.

Paket MCU yang ditawarkan bermacam-macam, namun menurut Agus, pegawai  CITO Laboratorium Klinik, pada umumnya untuk instansi pemerintah mengambil paket yang standar seperti pemeriksaan lemak dengan pengambilan sample darah untuk mengetahui tingkat kolesterol total dan trigliserid, asam urat dan pemeriksaan non laboratorium seperti pemeriksaan fisik oleh dokter umum, rekam jantung (EKG) dan pemeriksaan radiologi (Thorax). Ditambah pemeriksaan khusus pegawai perempuan yaitu pap smear  untuk mendeteksi gejala kanker serviks secara dini.

MCU dilakukan sebagai upaya peventif dalam menghindari adanya gangguan kesehatan yang mendadak. Siapa yang ingin sakit, tuntu tidak jawabnya. Maka periksalah kesehatan untuk mengetahui dan mendeteksi secara dini adanya penyakit dalam diri kita. (Penulis: Asrori, Foto: Dhani-KPKNL Semarang/edited/bas)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini