Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
Kanwil DJKN Sumut Menyerahkan Bantuan Sosial Kepada Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung
N/a
Senin, 17 Februari 2014 pukul 16:04:26   |   621 kali

Berastagi - Gunung Sinabung merupakan gunung berapi yang masih aktif yang terletak di dataran tinggi Kabupaten Tanah Karo. Tanggal 15 September 2013 merupakan awal Gunung Sinabung melepas awan panas dan abu vulkanik atau erupsi yang dirasakan hingga kawasan Sibolangit dan Kota Berastagi. Erupsi Gunung Sinabung yang berlangsung berulang kali hingga menimbulkan hujan abu vulkanik juga dirasakan hingga ke kota Medan. Akibat erupsi gunung Sinabung + 30 ribu jiwa dari 29 Desa sekitar Gunung Sinabung mengungsi ke kota Berastagi atau ke lokasi pengungsian dalam radius 7 km dari gunung Sinabung. Jumlah pengungsi semakin bertambah pada saat puncak erupsi gunung Sinabung dengan kecepatan 100 km /jam dan panas abu vulkanik 600 derajat celcius yang mengakibatkan 17 orang meninggal dunia (1/2/2014).

Penderitaan warga sekitar gunung Sinabung yang tidak berkesudahan telah mengggugah hati pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Sumatera Utara (Sumut). Pegawai Kanwil DJKN Sumut, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan, KPKNL Pematang Siantar, KPKNL Kisaran dan KPKNL Padangsidimpuan berinisiatif mengumpulkan bantuan berupa uang tunai yang hasilnya akan diserahkan kepada pengungsi erupsi gunung Sinabung. Pada Jumat, 7 Februari 2014, pegawai Kanwil DJKN Sumut dan KPKNL Medan yang mewakili pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Sumut melakukan perjalanan ke Kota Berastagi guna menyerahkan sumbangan kepada pengungsi Erupsi Gunung Sinabung.

Perjalanan pertama, pegawai Kanwil DJKN Sumut dilaksanakan pada lokasi pengungsian bertempat di Mesjid Agung Kabanjahe, Jalan Jamin Ginting kota Berastagi dan dilanjutkan ke lokasi pengungsian kedua bertempat di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Jalan Pahlawan kota Berastagi. Di kedua tempat tersebut perwakilan Kanwil DJKN Sumut menyerahkan bantuan berupa uang tunai dan diterima oleh Suanto Sitepu selaku pengurus Mesjid Agung Kabanjahe dan Rina mewakili pengurus pengungsi di Gedung KNPI. Keduanya mengucapkan terima kasih kepada pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Sumut atas sumbangannya dan akan meneruskan bantuan tersebut kepada para pengungsi. Setelah acara serah terima bantuan tersebut, baik Suanto Sitepu maupun Rina mengajak pegawai Kanwil DJKN Sumut melihat kondisi terakhir pengungsi. Pegawai Kanwil DJKN Sumut mendengar segala keluhan pengungsi dan Zulfikar Lubis mewakili pegawai Kanwil DJKN Sumut mendoakan pengungsi bersabar dan berharap bencana erupsi gunung Sinabung cepat berakhir. (Teks dan Foto:Hendrik P. Manurung, Edited: Sumarsono dan Pariaman Simanullang)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini