Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
Dari Kita Oleh Kita dan Untuk Kita
N/a
Jum'at, 07 Februari 2014 pukul 16:43:35   |   3722 kali

Bandung – Musim penghujan yang lekat dengan cuaca mendung, gerimis, bahkan silih berganti dengan derasnya hujan pagi itu, tak menyurutkan kehendak segenap pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi untuk mengawali tahun 2014 ini dengan semangat baru dalam berkarya. Sabtu, 18 Januari 2014, sekitar pukul 08.00 WIB bus rombongan bertolak dari KPKNL Bekasi menuju kawasan Pangalengan, Kabupaten Bandung untuk melaksanakan gathering sebagai bentuk terwujudnya kebersamaan/keakraban seluruh karyawan KPKNL Bekasi guna memelihara motivasi berkarya dan bertugas berlandaskan nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, Pelayanan serta Kesempurnaan.

Menempuh kurang lebih empat jam perjalanan, diselingi acara permainan di dalam bus, apalagi menikmati indahnya pemandangan lereng-lereng hijau pegunungan yang berkabut, menjadikan tak terlihat adanya kesan lelah saat rombongan tiba di Hotel Citere sebagai lokasi diadakannya acara tersebut. Sejenak beristirahat setelah makan siang, dengan dipandu oleh Event Organizer (EO), dimulailah gathering itu dengan diadakannya outing, yakni kegiatan di luar ruangan yang memadukan antara olah raga dan permainan yang sangat menggembirakan.

Semua pola permainan itu mengandung muatan membangun team building yang berguna untuk menguatkan kerjasama, melancarkan komunikasi internal, memupuk keakraban, menghilangkan stress/konflik, dan tentu saja bersenang-senang. Para peserta outing ini begitu antusias dan menikmati setiap tahapannya. Tampak jelas raut wajah ceria, apalagi begitu banyaknya kejadian-kejadian lucu ataupun polah tingkah peserta yang sering keliru dalam mengikuti instruksi para pemandu hingga dapat dikatakan hampir tiap menitnya memancing peserta untuk tertawa.

Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 17.00 WIB, artinya acara outing yang menggembirakan dan bermanfaat ini harus diakhiri. Namun sejenak jeda sebelum istirahat/sholat maghrib tentu saja sayang untuk dilewatkan begitu saja. Banyak yang melanjutkannya dengan merasakan dinginnya air kolam renang di sana. Bermain polo air adalah pengisi senggang yang tepat untuk dicoba.

Beranjak malam, cahaya lilin-lilin kecil tampak bertebaran di permukaan kolam. Di tepinya, beralas rerumputan basah sisa hujan, serta balutan cuaca dingin Pangalengan. Tampak alami, sesuai dengan rencana tema berlatar ethnic night yang diusung dalam acara malam keakraban kali ini. Segenap rekan jajaran KPKNL Bekasi menikmati santap malamnya dengan ditemani alunan merdu lagu-lagu yang dinyanyikan oleh dua orang biduan wanita yang cukup menarik penampilannya. “Semoga dengan diadakannya acara ini akan semakin mempererat jalinan persaudaraan kita semua dan menguatkan semangat dalam melaksanakan tugas-tugas kita sehari-hari nantinya,” ujar Kepala KPKNL Bekasi Burhanuddin saat membuka acara malam itu.

Maka gigil dingin itu pun seolah lebur dengan kehangatan yang tercipta dalam keakraban. Kebersamaan malam yang diisi  acara bertajuk “Dari Kita, Oleh Kita, dan Untuk Kita” itu menjadikan seluruh jajaran KPKNL Bekasi baik kepala kantor, kepala seksi, staf/pelaksana, ataupun tenaga honorer membaur tanpa sekat dalam keceriaan bersama. Semua berkesempatan mengisi acara dengan masing-masing penampilannya. Ada yang menyanyi, berjoget bersama, ataupun sekedar mengomentari penampilan rekan-rekannya ala juri-juri kontes menyanyi di televisi. Tak pelak, komentar-komentar “jahil” pun bermunculan. Kritik-kritik sejenis “penampilan anda luar biasa karena berkejaran dengan musiknya”, ataupun “suara anda bagus namun lebih bagus kalau tidak menyanyi” dan sebagainya cukup menghangatkan suasana. Apalagi diselingi pula dengan tambahan hiburan berupa pembagian door prize, bertukar kado, serta pemberian kenang-kenangan untuk para pegawai yang dianggap menyandang gelar terajin, tersupel, terkreatif, serba bisa dan sejenisnya. Menjelang tengah malam acara pun ditutup dengan bersama-sama menyanyikan lagu berjudul Kemesraan.

Pagi harinya, 19 Januari 2014 meskipun kabut dingin masih tampak pekat, tak menyurutkan semangat para peserta untuk segera terjaga. Sebab acara yang bisa dikatakan paling ditunggu telah tiba, yaitu arung jeram (rafting). Setelah selesai sarapan pagi, bus rombongan pun bertolak menuju kawasan Situ Cileunca, yang mana aliran sungai Palayangan merupakan lokasi yang dipilih untuk merasakan dahsyatnya wisata bernuansa petualangan tersebut. Tak memerlukan waktu lama untuk tiba di lokasi karena jarak Situ Cileunca tak terlalu jauh dari Hotel Citere tempat rombongan KPKNL Bekasi menginap sebelumnya. Sesampainya di sana, para pemandu telah siap mengawal kegiatan rafting. Pengarahan, petunjuk, serta segala persiapan agar kegiatan ini berlangsung lancar dan aman pun dengan baik dilakukan.

Sebagian besar peserta mengikuti wisata ini. Tak ketinggalan, Burhanuddin yang selalu hadir dalam tiap susunan acara mengambil bagian untuk merasakan petualangan ini. Tak tanggung-tanggung, ia mengambil posisi sebagai nahkoda dan pemegang dayung untuk perahu timnya. Maka meluncurlah perahu-perahu karet itu mengarungi sungai terjal. Jeram-jeram serta arus yang deras dengan percik dingin Sungai Palayangan pun menjadikan para peserta serasa berada dalam petulangan bersama yang hebat, penuh tantangan, seiring dengan berpacunya adrenalin. Teriakan, jeritan, tawa, serta komando waspada dari pemandu berpadu dengan kecekatan bekerjasama mengendalikan perahu menyusuri deras dan dinginnya arus sungai Palayangan. Bekerja sama menaklukkan lika-liku derasnya sungai itu begitu mengasyikkan, hingga tanpa terasa keseluruhan jalur yang menjadi rute arung jeram telah ditempuh. Di hulu yang menjadi ujung akhir wisata petualangan ini peserta pun menikmati sajian ubi jalar rebus serta bandrek hangat. Nikmat dan yang terutama adalah mengucap syukur sebab semua berlangsung lancar dan selamat. “Ternyata, meski Saya tak lagi muda, acara (arung jeram-red) ini lumayan membuat ketagihan,” ujar Burhanuddin. Tentunya seiring dengan keakraban, kebersamaan menyelesaikan tantangan bertugas, saling mendukung serta terpeliharanya motivasi dan semangat untuk berkarya dalam pelayanan, patut dipandang menjadi hal yang membuat ketagihan. (Oleh: Chrisnandar- Pelaksana Seksi HI KPKNL Bekasi/edited/pandu/bas))

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini