Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
SELAMAT HARI OEANG DARI KOTA SERIBU SUNGAI
N/a
Selasa, 19 November 2013 pukul 10:59:34   |   616 kali

Banjarmasin - Sebagai  rangkaian dari peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke 67,  Keluarga  Besar Perwakilan Kementerian Keuangan Propinsi Kalimantan Selatan, pada hari minggu tanggal 17 November 2013 menyelenggarakan acara Jalan Santai. Acara jalan santai  diikuti oleh semua perwakilan Kantor struktural Kementerian Keuangan  yang berada di propinsi Kalimantan Selatan, yakni  Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) beserta Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Kanwil Direktorat Jenderal  Perbendaharaan (Kanwil DJPb) beserta Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) beserta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) dan Lelang serta Kantor Pelayanan  Bea dan Cukai (KPBC).  Tidak ketinggalan panitia juga mengundang peserta dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Selatan dan peserta dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang merupakan stakeholder dari Kementerian Keuangan.

Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke 67 ini mungkin terkesan terlambat, karena diadakan setelah Hari Oeang yang jatuh pada tanggal 29 Oktober. Namun hal tersebut tidak sedikit pun mengurangi antusias dan semangat peserta jalan santai untuk ikut ambil bagian di peringatan Hari Oeang kali ini. Bahkan ada seorang peserta berpendapat, penyelenggaraan peringatan hari oeang yang tepat waktu itu sudah terlalu mainstream, semacam pembelaan yang disertai dengan gelak tawa.

Jalan santai dipilih menjadi alternative tunggal pada peringatan Hari Oeang kali ini, hal ini bukanya tidak beralasan, menurut panitia, melalui jalan santai setiap pegawai Kemenkeu tanpa terkecuali dapat ikut merasakan atmosphere peringatan ini, dan sangat memungkinkan untuk membagi kebahagian dengan sanak keluarga, minimal sanak keluarga yang hadir secara tidak langsung dapat merasakan kebanggan tersendiri menjadi bagian dari keluarga besar Kementerian Keuangan

Dibawah guyuran hujan gerimis, Acara jalan santai ini pun tetap diselenggarakan, panitia dan peserta berprinsip hujan ini hanya hal kecil yang seharusnya tidak merusak apapun dari rencana hajatan besar Kementerian Keuangan kali ini. tepat pukul 07.00 WITA, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Kalimantan Selatan, Mekar Satria Utama, memberangkatkan ratusan peserta jalan santai ini, tak pelak seperti burung dara yang dilepaskan ke alamnya, seketika itu juga suasana riuh rendah pecah dijalanan kota Banjarmasin. Entah apa yang ada di pikiran masing masing peserta, namun  yang jelas  benang merah acara ini yakni kebersamaan dan kekeluargaan dapat dirasakan seluruh peserta.

Jalan santai ini mengambil rute mengelilingi jalan protokol di Banjarmasin, melewati landmark – landmark terkenal di Kota Banjarmasin, seperti Masjid Agung Salsabil, Sungai Martapura, dan titik 0 KM Kalimantan Selatan di daerah Pasar Sudimampir. Sebagai tempat finish untuk acara jalan santai ini, panitia memilih Aula Kanwil Perbendaharaan Kalimantan Selatan yang letaknya tidak jauh dari lokasi pemberangkatan jalan santai karena memiliki area indoor yang luas sehingga mampu menampung seluruh peserta.

Sesampai di tempat finish, peserta terlihat kelelahan setelah menyusuri rute jalan santai yang sebenarnya tidak terlalu jauh. Namun raut wajah yang lelah tersebut seketika hilang, karena panitia telah menyiapkan beberapa paket hiburan  yang salah satunya organ tunggal. Penyanyi membawakan beberapa single yang cukup akrab ditelinga perserta, sehingga sesekali peserta antusias untuk ikut bernyanyi bersama. Kemudian, seperti acara jalan santai pada umumnya, acara ini pun ditutup dengan pengundian door price. Tak tanggung tanggung, panitia menyediakan hadiah hadiah yang sangat menarik seperti Kulkas, TV, Dispenser, dll.  Terlihat beberapa peserta harap – harap cemas sembari memegang erat-erat kupon undian door price, sepertinya semua perserta mempunyai harapan yang sama untuk membawa pulang hadiah door price tersebut.

Satu demi satu hadiah telah dilakukan pengundian sampai dengan hadiah utama, tak terasa rangkaian peringatan Hari Oeang ini sudah benar – benar di ujung acara, kemudian salam perpisahan diucapkan oleh pemabawa acara dan semua peserta pun mulai meninggalkan kawasan Aula Kanwil Perbendaharaan Kalimantan Selatan untuk kembali ke rumahnya masing masing. Peringatan Hari Oeang ini pun sukses dilaksanakan, dan berharap keriuhan dan kehangatan ini mebawa hal positif ke masing masing pegawai Kementerian Keuangan. (Teks dan Foto oleh Yusuf E dan Wisnu H)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini