Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
Kanwil DJKN Jawa Barat Ikut Meriahkan Hari Oeang RI ke-67
N/a
Rabu, 13 November 2013 pukul 10:17:42   |   580 kali

Bandung – Keceriaan meliputi seluruh keluarga besar Kementerian Keuangan Jawa Barat yang mengikuti jalan santai memeriahkan Hari Oeang Republik Indonesia ke-67 di Bandung, Kamis 24 Oktober 2013 yang lalu. Jalan santai menjadi salah satu rangkaian kegiatan hari jadi Kementerian Keuangan ke-67 yang dibuka pada 8 Oktober 2013 silam tersebut diikuti sedikitnya seribu orang peserta yang berasal dari unit-unit Kementerian Keuangan di wilayah Jawa Barat. Hadir pula mengikuti jalan santai tersebut Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat Sapto Mintarto, Kakanwil Pajak Jabar I & II, Kakanwil Bea Cukai Jawa Barat, Kakanwil Perbendaharaan Jawa Barat, Kepala Balai Diklat Keuangan Cimahi, dan Rumah Tangga Gedung Keuangan Negara (GKN) membaur bersama peserta lainnya menyusuri jalan-jalan di kota Bandung, setelah  pada pekan sebelumnya (Jum’at, 18 Oktober 2013) mengikuti sepeda santai (fun bike) bersama-sama.

Start dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Barat Ajat Jatnika dengan mengibarkan bendera tanda start dimulai. Rute dimulai dari Gedung Keuangan Negara (GKN) Jl. Asia Afrika mengikuti arah arus lalu lintas. Melewati Gedung Merdeka,  Jalan Naripan, Jalan Braga, Jalan Aceh, melewati Taman Lalu Lintas, dilanjutkan ke Jalan Tamblong dan Finish di GKN (Jalan Asia Afrika). Sesampainya di GKN, para peserta disambut dengan berbagai suguhan hiburan yang dimeriahkan oleh artis-artis GKN.

Satu hal yang menarik dan ditunggu-tunggu oleh para peserta jalan santai saat itu adalah pembagian doorprize. Para peserta mengaku bahwa salah satu hal yang menambah semangat mengikuti kegiatan jalan santai tersebut adalah hadiah-hadiah menarik. Memang doorprize yang disediakan oleh panitia cukup banyak dan beragam, dari yang murah seperti pengering rambut, setrika listrik, kipas angin sampai yang harganya lumayan mahal seperti kulkas dan sepeda gunung telah dipajang di samping panggung sejak pagi hari. “Hadiah disediakan untuk lebih menyemarakkan acara. Sumbernya… ya dari iuran kita-kita,” ungkap salah seorang panitia ketika ditanya sumber dana dan tujuan pemberian doorprize tersebut.

Hal lain yang juga menarik adalah, pada kesempatan tersebut para kepala kanwil yang hadir, oleh panitia didaulat untuk melayani pemberian konsumsi bagi seluruh peserta yang hadir. Menurut pembawa acara, hal itu sebagai bentuk dari penerapan nilai-nilai Kementerian Keuangan, yaitu sinergi dan pelayanan. “Biasanya anak buah melayani pimpinan, tapi hari ini pimpinan melayani anak buah,” seru pembawa acara sambil memandu pemasangan aprons untuk para kepala kanwil.

Para peserta yang kebetulan setelah jalan santai merasakan letih dan lapar langsung menyerbu setiap lapak yang tersedia. Tanpa ewuh pakewuh seluruh peserta berhamburan mendekati para kepala kanwil, yang saat itu mirip seperti chef, yang siap dengan hidangannya.

Setelah disuguhi makanan, para peserta dimanjakan dengan suguhan hiburan. Mulai dari tari-tarian, Musik, Kabaret, sampai game-game menarik. Hiburan tarian diantaranya  tarian tradisional persembahan dari Sanggar Sulanjana, tepak tilu kolaborasi seluruh Kanwil Jabar, dan tarian muda-mudi dari para mahasiswa Balai Diklat Keuangan Cimahi yang berasal dari Papua. Hiburan Musik dipersembahkan oleh band-band dan vokalis internal Kementerian Keuangan wilayah Jawa Barat.

Tak kalah memukau, adalah penampilan Kabaret persembahan Kanwil Pajak Jawa Barat. Tanpa canggung dan malu mereka menampilkan kebolehannya mengocok perut para hadirin dengan Opera Komedi khas Jawa Barat tersebut.  

Selain pembagian hadiah doorprize, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan hadiah para pemenang pertandingan 7 cabang olah raga yang telah dilaksanakan sejak hari pertama rangkaian kegiatan menyambut Hari Oeang ke-67. Tampil sebagai juara umum adalah Kanwil DJBC. Sedangkan Kanwil DJKN Jawa Barat harus puas berada di posisi runner-up pada cabang olah raga tenis meja dan volley putri.

(Teks & Foto: Hadiwijaya - KIHI Kanwil DJKN Jawa Barat)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini