Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
Kick Off “Kebun Kita” untuk Lingkungan KPKNL Gorontalo yang Lebih Hijau
Yus Iriyanto Ilahude
Jum'at, 02 Desember 2022 pukul 12:15:55   |   130 kali

Gorontalo – Jumat (02/12) kali ini menjadi spesial karena selain diisi dengan kegiatan olahraga bersama, juga diadakan pencanangan “Kebun Kita” oleh Kepala KPKNL Gorontalo Iwan Darma Setiawan. Kegiatan ini dilaksanakan sekitar Pukul 08.30 WITA di halaman belakang KPKNL Gorontalo.

“Kebun Kita” adalah program inisiatif dari pegawai KPKNL Gorontalo yang bertujuan untuk menghijaukan lingkungan kantor dengan cara memanfaatkan lahan sekitar kantor. Lahan tersebut akan ditanami dengan tanaman musiman maupun tahunan.

Khusus untuk tanaman tahunan, KPKNL Gorontalo menjalin kerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) dan Hutan Lindung (HL) Bone Bolango. Mereka memberikan bibit tanaman tahunan secara cuma-cuma. Tanaman buah-buahan seperti rambutan, manga, jambu Kristal, dan durian diantar langsung ke KPKNL Gorontalo.

Program “Kebun Kita” akan melibatkan semua unsur di KPKNL Gorontalo. Masing-masing akan dibagi menjadi 4 kelompok. Tiap kelompok terdiri dari unsur pegawai, PPNPN, satuan pengamanan, dan petugas kebersihan. Tujuannya agar semua pihak bisa berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam program tersebut. Setiap kelompok akan memperoleh lahan dan diberikan kebebasan untuk memilih sendiri tanaman yang akan ditanam. Program ini akan dinilai sehingga setiap kelompok akan termotivasi dan berkompetisi yang sehat untuk memiliki lahan yang terbaik.

“Dampak perubahan iklim sudah mulai kita rasakan, ditambah lagi dengan kondisi geografis wilayah Gorontalo yang cenderung panas sehingga kita perlu melakukan partisipasi aktif untuk mengurangi dampak tersebut. “Kebun Kita” ini adalah salah satu cara kita untuk berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih hijau, apalagi halaman kantor kita masih cukup luas sehingga bisa kita manfaatkan secara optimal” kata Iwan.

Pencanangan ditandai dengan pematokan nama-nama kelompok di setiap lahan. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan masing-masing lahan. Iwan Darma Setiawan berharap agar masing-masing kelompok mengikuti program “Kebun Kita” dengan penuh semangat dan tanggungjawab sehingga tujuan akhir program agar lingkungan kantor menjadi lebih hijau dan asri bisa terwujud.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini