Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
Upaya Pencegahan Kanker untuk Pegawai KPKNL Kendari
Ziha Rahmani
Senin, 27 Juni 2022 pukul 14:34:42   |   156 kali

Kendari - Kamis (23/06), Yayasan Sosialisasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, memberikan informasi dan edukasi kepada pegawai KPKNL Kendari tentang Kanker dan cara menghindarinya. Acara dimulai pada pukul 10.00 WITA, bertempat di Aula KPKNL Kendari yang dihadiri oleh perwakilan pegawai KPKNL Kendari. 

 

Dalam kegiatan ini Yayasan Sosialisasi Kesehatan Masyarakat Indonesia diwakili oleh Umar Tahir selaku pemateri. Umar Tahir menjelaskan bahwa kanker berawal dari pola hidup yang kurang sehat. Kanker sendiri merupakan perubahan sel normal menjadi tidak normal (abnormal) yang ditandai dengan munculnya tumor. Tumor sendiri dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Dalam sosialisasi kali ini juga dibahas terkait faktor penyebab munculnya kanker, diantaranya faktor genetik (keturunan), faktor kimia dan/atau fisika berupa produk-produk kecantikan atau rumah tangga yang mengandung bahan berbahaya, faktor makanan dan minuman yang mengandung zat karsinogen, dan faktor cara pengolahan dan penyajian makanan yang kurang benar.

 

Jenis Kanker yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia antara lain Kanker Serviks, Kanker Payudara, dan Kanker Prostat. Untuk menghindari terjadinya kanker, setiap individu dapat melakukan hal-hal sebagai berikut :

1.     Memiliki pola makan yang sehat dan teratur;

2.     Mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayur;

3.     Menghindari makanan yang berlemak tinggi;

4.     Menghindari makanan yang mengandung zat karsinogen atau yang mengandung pengawet; dan

5.     Melakukan olahraga secara teratur minimal 3 (tiga) kali seminggu.

 

Di akhir acara Umar Tahir menjelaskan terkait cara menghindari kanker dan tumor. Cara medis dapat dilakukan dengan mendapatkan suntikan vaksin untuk kekebalan tubuh yang dilakukan selama 3 (tiga) kali dalam jangka waktu tertentu. Adapun cara alami yang dapat dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi tumbuhan yang mengandung Zat Anti Kanker berupa RIP (Ribosom Inacting Protein). (Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Kendari)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini