Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Kilas Peristiwa DJKN

Kunjungi KPKNL Manado, Dirjen KN: Nikmati kenyamanan Kota Manado Sembari Tetap Tingkatkan Kinerja

Senin, 14 Desember 2020 pukul 11:00:00   |   129 kali

Manado – Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata didampingi oleh para Pejabat Eselon II di lingkungan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan kunjungan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado pada Sabtu (11/12). Kunjungan pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya mengingat kondisi pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19), sehingga kunjungan harus dilakukan secara virtual.

“Terima kasih atas sambutan yang sangat meriah. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan tetap semangat dalam mencapai target yang menjadi tanggung jawab kita semua di tahun ini,” ujar Sekretaris DJKN Dedi Syarif Usman dalam membuka acara.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara Aloysius Yanis Dhaniarto turut memberikan sambutan. “Selamat datang dan terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Manado,” kata Yanis.

“Secara umum pencapaian target pada KPKNL Manado sudah baik. Namun untuk target hasil lelang, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Lelang, dan PNBP Pengelolaan Barang Milik Negara sedang kami upayakan semaksimal mungkin untuk mencapai target,” tambahnya.

Para pegawai KPKNL Manado menyambut baik kedatangan Dirjen KN dan jajarannya dengan mengenakan pakaian adat Sulawesi Utara serta menggunakan virtual background bertemakan makanan khas dan tempat wisata di Sulawesi Utara.

“Kalau tinggal di Manado merasa tidak betah berarti ada yang salah dengan orangnya,” gurau Kepala KPKNL Manado Rofiq Manshur saat menyampaikan sambutannya kepada peserta virtual visit.

“Kota Manado dikenal dengan semboyannya “Si Tou Timou Tumou Tou” yang berarti manusia hidup untuk memanusiakan orang lain serta semboyan “Torang Samua Basudara” yang berarti Kita Semua Bersaudara. Maka selain keindahan alamnya, Kota Manado juga dikenal dengan budaya kehangatan masyarakatnya,” jelasnya.

Kegiatan ini juga diramaikan oleh pemutaran video tentang wisata Kota Manado, profil KPKNL Manado, kegiatan pegawai sehari-sehari, BMN di Kota Manado, dan video hiburan. Acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan pegawai dan dialog bersama para pimpinan DJKN.

“Saya merupakan pegawai paling senior di KPKNL Manado dan akan memasuki masa purnabakti dua bulan lagi. Hal yang saya tekankan kepada para staf millennial dalam melakukan pengurusan piutang negara di lapangan bahwa kita harus menjalin hubungan baik dengan debitur agar mereka menyadari hutangnya dan melunasi kewajibannya secara sukarela,” ungkap Vera Johana Lukas Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Manado.

“Kita harus melakukan pendekatan yang humanis dan membuat debitur menyadari kewajibannya bukan sekedar memaksa melunasi hutangnya. Pendekatan tersebut merupakan cara yang tepat untuk diaplikasikan oleh pengelola piutang negara,” tanggap Isa.

Dalam arahannya, Isa Rachmatarwata menyampaikan agar KPKNL Manado selalu berinovasi dalam meningkatkan capaian targetnya. Pencapaian target tersebut juga perlu diformulasikan secara sistematis dan terencana, serta kegiatan monitoring dan evaluasi perlu dilakukan secara terperinci.

“Terima kasih atas kontribusinya, tetap semangat, jaga kesehatan, dan jaga kekompakan. Manado merupakan kota yang nyaman serta menyenangkan untuk tinggal dan bekerja, gunakan kelebihan tersebut untuk meningkatkan kinerja kita agar menjadi pengelola aset yang baik dan memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat dan negara,” tutup Isa. (ayu/wdp)

Pengunggah : AYUTIA NURITA SARI
Tanggal ditulis : Senin, 14 Desember 2020 pukul 11:00:00
Terakhir diedit : Senin, 14 Desember 2020 pukul 11:07:46
Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |