Kilas Peristiwa DJKN

Dirjen KN: Kunjungan Virtual adalah Terobosan yang Efektif

Senin, 27 Juli 2020 pukul 16:17:02   |   39 kali

Jakarta - Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata mengaku bahwa kunjungan virtual ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang rutin ia lakukan selama masa pandemi Covid-19 merupakan terobosan yang efektif. “Sebelumnya saya mencoba mengunjungi setiap KPKNL di Indonesia, tapi pada saya akhirnya juga memiliki keterbatasan. Dua setengah atau tiga tahun baru bisa mengunjungi seluruh kantor,” katanya pada acara kunjungan virtual dengan KPKNL Kupang dan Palopo pada Sabtu (25/7).

Menurut Isa, dirinya kini optimis dalam sisa tahun 2020 akan dapat menyambangi seluruh KPKNL yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia. “Cara ini tiga kali lebih cepat,” ujarnya. Ia berharap, meningkatnya intensitas pertemuan pimpinan dengan para pegawai kantor pelayanan juga dapat menjadi ajang bertukar informasi, cerita, dan pandangan mengenai kegiatan penyelenggaran tugas dan kehidupan sehari-hari. “Semua dimaksudkan untuk menjadikan organisasi kita bekerja baik, juga rasa persaudaraan yang lebih baik,” ungkapnya.

Melalui kunjungan virtual ini, Kepala KPKNL Kupang Jerry Max Nelson Piri menyampaikan bahwa seluruh pegawai di KPKNL Palopo dalam keadaan sehat. Ia lantas menayangkan video yang memperlihatkan keseharian pegawai KPKNL Kupang ketika bekerja selama masa adaptasi new normal. Ia melaporkan bahwa sistem bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) di KPKNL Kupang dibagi ke dalam dua periode pada 29 Juni-10 Juli 2020 untuk tiga pegawai, dan 20-31 Juli 2020 untuk empat pegawai. Selain itu, WFH juga diberikan bagi pegawai yang datang dari zona merah atau berisiko besar, untuk melakukan karantina mandiri.

Sementara itu, Kepala KPKNL Palopo Ya’kub mengatakan bahwa daerah kota Palopo tidak menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, terdapat pemeriksaan pada setiap perbatasan daerah tingkat II untuk mengukur suhu tubuh serta menanyakan kepentingan pelintas batas. Meski begitu, ia memastikan bahwa KPKNL Palopo tetap menjaga pelaksanaan protokol kesehatan untuk penanggulangan penyebaran Covid-19 sesuai peraturan yang berlaku, seperti yang terlihat dari video pemberlakuan bekerja dari kantor atau Work From Office (WFO) dan WFH di KPKNL Palopo. Tak hanya itu, Ya’kub juga memutar video hasil kreasi jajarannya tentang kerinduan mereka untuk dapat bekerja bersama-sama lagi di KPKNL Palopo.

Pada kesempatan ini, turut serta pejabat eselon satu dan dua di lingkungan Kementerian Keuangan dan DJKN, yakni Direktur Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi, Direktur Barang Milik Negara Encep Sudarwan, Direktur PNKNL Lukman Effendi, Direktur PKNSI Purnama Sianturi, Direktur Lelang Joko Prihanto, Direktur Penilaian Kurniawan Nizar, Kepala Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara Anugrah Komara, Kepala Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat Ekka S. Sukadana, Tenaga Pengkaji Restrukturisasi Privatisasi dan Efektivitas Kekayaan Negara Dipisahkan Ahmad Yani, serta Tenaga Optimalisasi Kekayaan Negara Tugas Agus Priyo Waluyo. (nf/humas DJKN)

Penulis : NURUL FADJRINA
Tanggal ditulis : Senin, 27 Juli 2020 pukul 16:17:02
Terakhir diedit : Senin, 27 Juli 2020 pukul 21:05:43
Foto Terkait Kilas Peristiwa