Kilas Peristiwa DJKN

Masuki Era New Normal, DJKN Siapkan Kendaraan Dinas Bebas Virus

Kamis, 11 Juni 2020 pukul 19:30:58   |   45 kali

Jakarta - Pemerintah telah menyiapkan skenario New Normal di tengah pandemi corona virus disease (Covid-19). Sebagian masyarakat yang dipandang lebih aman terhadap risiko infeksi virus ini telah diperkenankan untuk kembali bekerja dan melakukan aktivitas dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19, diantaranya selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjaga kesehatan dan sedapat mungkin menghindari penggunaan kendaraan umum. Pada kondisi New Normal ini sangat dimungkinkan penggunaan kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi akan meningkat. “Disinilah pentingnya untuk kita mempersiapkan kendaraan yang prima, nyaman, sehat dari virus dan tetap mengutamakan keselamatan,” ujar Kepala Bagian Perlengkapan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Mohammad Arif Rochman dalam Webinar yang diselenggarakan Sekretariat DJKN, Kamis (11/06).

 

Menurut Arif, webinar yang bertajuk Maintenance Kendaraan Secara Mandiri di Masa Pandemi ini merupakan media sharing knowledge bagi para pegawai DJKN. “Untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi seluruh peserta webinar dalam melakukan perawatan kendaraan dinas dan pribadi secara mandiri,” ujarnya.

 

Selain itu, ia  juga menjelaskan mengenai aplikasi AksesKN yang dimiliki oleh DJKN. “AksesKN merupakan inovasi dari sekretariat DJKN berupa pengelolaan kendaraan dinas yang efisien, inovatif dan modern melalui aplikasi,” jelasnya. Dengan menggunakan aplikasi AksesKN, pengelolaan kendaraan dinas yang sebelumnya ada di masing-masing unit, kini dilakukan secara sentralisasi di bagian umum sekretariat. Aplikasi ini mengoptimalkan penggunaan mobil dinas tepat guna yakni hanya digunakan untuk tugas kedinasan, sehingga efisien dalam biaya pemeliharaan berkala dan biaya perjalanan dinas.

 

Untuk menjaga mobil tetap prima, CEO Dokter Mobil Lung-Lung yang menjadi narasumber webinar saat itu menjelaskan mengenai perawatan kendaraan yang dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan teknisi. Sebagai contoh, ia menjelaskan mengenai filter air conditioner (AC). “Ini adalah pertahanan pertama anda dari virus corona,” ungkap Lung-lung.

 

Bila biasa mengganti filter setiap 3 bulan sekali, maka untuk sekarang ia menyarankan untuk sesering mungkin mengganti filter. “Setelah selesai menggunakan kendaraan juga filternya sebaiknya segera didisinfektan,” sarannya. Lung-lung dalam pemaparannya juga membahas mengenai oli mesin, aki dan kelistrikan, radiator, hingga kebersihan mobil. (rk)

Penulis : ESTI RETNOWATI
Tanggal ditulis : Kamis, 11 Juni 2020 pukul 19:30:58
Terakhir diedit : Kamis, 11 Juni 2020 pukul 19:32:40
Foto Terkait Kilas Peristiwa