Kilas Peristiwa DJKN

Pandemi Covid-19, Ujian Bagi Orang Beriman

Rabu, 29 April 2020 pukul 20:42:39   |   754 kali

Jakarta – Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) tengah melanda kehidupan manusia. Namun layaknya setiap kejadian, pasti akan ada pelajaran yang dapat diambil sebagai bahan perbaikan diri dari pandemi ini.  Hal ini diungkapkan Ustadz Rosihan Anwar saat menyampaikan tausiyah melalui kanal youtube Masjid Al Amanah Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) pada Rabu (29/04).

 

Dalam kajiannya, Ustadz Rosihan mengajak umat muslim untuk selalu sabar menghadapi pandemi Covid-19, karena hal ini merupakan salah satu ujian yang diberikan Allah SWT untuk membuktikan kebenaran iman umatnya. “Membuktikan kebenaran iman artinya lulus ujian keimanan. Artinya dengan adanya pandemi ini yaitu menyadari sepenuhnya keyakinan bahwa kita ini milik Allah, dan akan kembali kepada Allah,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, ia memaparkan setidaknya terdapat tiga hikmah dari situasi yang kini tengah melanda Indonesia bahkan dunia ini. Pertama, bahwa pandemi ini merupakan cara Allah untuk menguji seberapa besar tingkat keimanan manusia dalam menghadapi setiap ujian yang diberikan. Kedua yaitu semakin menguatkan rasa keimanannya kepada Allah SWT. “Hikmahnya yaitu dapat memperkuat dan memperkokoh rasa keimanan kita terhadap Allah SWT,  kenapa demikian? karena musibah ini semakin membuktikan kekerdilan manusia, kelemahan manusia, kedoifan manusia, hanya dengan makhluk Allah yang bernama Corona bisa membuat kehidupan manusia di dunia tidak berdaya,” jelasnya.

 

Sedangkan hikmah ketiganya yaitu, manusia dalam hal ini dapat lebih mengenal perkembangan ilmu teknologi, ilmu kesehatan, ilmu kedokteran, serta mengumpulkan sendi-sendi kehidupan dalam berumah tangga ataupun keluarga. “Saatnya kembali memperbaiki kehidupan dalam berkeluarga, barangkali selama ini hal tersebut kurang diperhatikan,” ujarnya.

 

Menutup kajiannya, ia berharap semoga pandemi ini segera berakhir dan kehidupan senantiasa berjalan kembali dengan normal. “Semoga Allah segera angkat musibah ini, dan kita kembali hidup normal dengan kondisi iman kita semakin baik dan rasa syukur kita semakin baik kepada Allah,”pungkasnya. (mon/es – Humas DJKN)

Penulis : ESTI RETNOWATI
Tanggal ditulis : Rabu, 29 April 2020 pukul 20:42:39
Terakhir diedit : Rabu, 29 April 2020 pukul 20:44:39
Foto Terkait Kilas Peristiwa