Kilas Peristiwa DJKN

Kajian Online DKM Al Amin Kemenkeu RI, Gus Yusron Ajak Selami Makna Al Quran Sebagai Pedoman Hidup

Selasa, 28 April 2020 pukul 14:03:35   |   71 kali

Jakarta – Saat ini, Indonesia tengah dalam situasi pandemi coronavirus disease (Covid-19). Banyak diantara kita yang terdampak pandemi ini, baik secara sosial maupun ekonomi. Menghadapi hal ini, K.H. Muhammad Yusron Shidqi atau biasa dipanggil Gus Yusron memberi nasehat dalam kajian onlinenya yang bertema Indahnya Hidup di Bawah Naungan Al Qur’an, untuk tetap bersabar dalam menghadapi situasi ini. Ia mengatakan bahwa orang-orang yang hidup dibawah naungan Al Qur’an merupakan orang-orang yang tidak pernah mengeluh termasuk dalam situasi yang tengah terjadi saat ini.

“Jika kita hidup bersama Al-Quran, menyelami maknanya, mengerti kebenarannya, mengikuti ajarannya, maka disitulah kita akan mengerti bagiamana indahnya hidup bersama Al-Quran,” ujar Gus Yusron melalui channel youtube Masjid Al Amin Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) pada Senin (27/4).

Ia juga menambahkan cara yang dapat dilakukan untuk memotivasi diri agar hidup dalam naungan Al-Quran yaitu dengan mengubah cara pandang terhadap Al-Quran sebagai pedoman kehidupan dan mengerti bahwa Al-Quran merupakan filter sosial. Ia berpesan kepada seluruh umat muslim untuk semakin mendalami  bacaan Al-Quran terebih di bulan Ramadhan. “Saya mengajak untuk dapat menanamkan Al-Quran agar menjadi bagian dari diri kita, menjadi jalan kehidupan, hingga nanti kita mendapatkan syafaatnya,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kemenkeu sekaligus Ketua Umum DKM Mesjid Al Amin Hadiyanto, dalam sambutannya mengajak pegawai Kemenkeu agar dapat mengambil hikmah dari situasi yang tengah dialami akibat wabah COVID-19 ini. Ia berharap kajian online ini dapat menjadi sarana kegiatan positif di bulan Ramadhan dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. “Kita harus selalu menjalankan sholat, sholawat, sabar, sedekah, selalu jaga kesehatan dan kebersihan serta senantiasa mengikuti anjuran ulama dan umaro dalam menghadapi Covid-19,” ujar Hadiyanto.

Sebagai informasi, sesuai anjuran pemerintah, pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diminta untuk beribadah di rumah selama Ramadhan 1441 H ini. Selain memperbanyak ibadah shalat dan membaca Al-Qur’an, pegawai juga dapat mengikuti ragam kajian secara online yang disediakan oleh berbagai pihak, salah satunya adalah kegiatan Kajian Online yang diselenggarakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Amin Kemenkeu. (mon/es – Humas DJKN)

Penulis : ESTI RETNOWATI
Tanggal ditulis : Selasa, 28 April 2020 pukul 14:03:35
Terakhir diedit : Selasa, 28 April 2020 pukul 14:07:28
Foto Terkait Kilas Peristiwa