Kilas Peristiwa DJKN

KPKNL Surakarta Siap Menuju WBBM

Jum'at, 20 Desember 2019 pukul 10:18:21   |   141 kali

Menjelang akhir tahun 2019, KPKNL Surakarta kembali meraih prestasi yang  membanggakan. Setelah sebelumnya dinyatakan berhasil mempertahankan ISO 9001:2015, kali ini KPKNL Surakarta mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB). Penghargaan predikat WBK diberikan secara langsung oleh Menteri PAN-RB, Cahyo Kumolo, dalam acara Apresiasi dan Penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani 2019 yang digelar di Jakarta  10 Desember 2019 dalam peringatan hari Anti Korupsi Sedunia. Predikat WBK ini diperoleh KPKNL Surakarta setelah melalui surveiaudit dan penilaian yang dilakukan Kementerian PAN-RB.

WBK merupakan salah satu komponen dari Zona Integritas. Selain WBK, Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani atau WBBM merupakan komponen dari Zona Integritas tersebut. Dengan memperoleh predikat WBK, tentunya KPKNL Surakarta telah memiliki modal awal menuju Zona Integritas, dengan target selanjutnya adalah meraih predikat WBBM.

Predikat WBK diberikan kepada unit kerja instansi pemerintah yang telah memenuhi lima program, yaitu program manajemen perubahan, program penataan tata laksana, program penataan sistem manajemen SDM, program penguatan akuntabilitas kinerja, dan program penguatan pengawasan. Sedangkan untuk  memperoleh predikat WBBM, selain telah memenuhi lima program WBK, ditambah dengan program penguatan kualitas pelayanan publik. Jadi, bagi unit kerja yang telah memperoleh predikat WBK berarti telah berhasil memenuhi sebagian besar program yang menjadi dasar penilaian dalam meraih predikat WBBM.

Kini, seluruh pejabat dan pegawai KPKNL Surakarta dituntut harus mampu menunjukkan komitmen dan tanggung jawab sebagai unit kerja yang telah berpredikat WBK. Upaya-upaya meningkatkan kualitas pelayanan serta inovasi layanan yang diberikan kepada pengguna jasa harus selalu dijaga semangat dan kontinuitasnya. Selain itu, integritas yang telah tertanam dalam hati seluruh pegawai harus selalu dijaga dan ditingkatkan agar pada tahun 2020 predikat WBBM dapat diraih. KPKNL Surakarta "PASTI ISO".

 


Penulis : Seksi Hukum dan Informasi


Penulis : OKKY KURNIAWAN
Tanggal ditulis : Jum'at, 20 Desember 2019 pukul 10:18:21
Terakhir diedit : Kamis, 26 Desember 2019 pukul 14:13:12
Foto Terkait Kilas Peristiwa