Kilas Peristiwa DJKN

Bulan Ramadhan, Belajar dan Berlatih dalam "Pelatnas Keimanan"

Jum'at, 17 Mei 2019 pukul 10:46:21   |   100 kali

Jakarta - “Sebelas bulan yang lalu dikala kita mungkin ngaco (masalah-red) keimanan kita, mungkin kita lalai kewajiban kita, mungkin akhlak dan tuturkata kita jauh dari norma norma keislaman yang ada. Maka Ramadhan datang kepada kita memberikan Pendidikan, agar apa? Agar hidup kita lebih bagus dari hari kehari,” ungkap Ustadz Syarifuddin Pasha dalam kajian yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam rangka memeriahkan Bulan Ramadhan 1440 H pada Kamis, (16/5) di aula lantai 5 Kantor Pusat DJKN, Jakarta.


Di awal tausiyahnya, Ustadz Pasha menjelaskan keistimewaan dan manfaat Bulan Ramadhan. Ia menyampaikan bahwa Bulan Ramadhan ini merupakan waktu bagi umat muslim untuk berbenah dan berubah sehingga ketika Bulan Ramadhan telah usai, amalan-amalan selama Ramadhan ini akan terus berlanjut.


Dirinya juga menjelaskan indikator kesuksesan Ramadhan tidak hanya diukur dengan seberapa sering seseorang beribadah selama Ramadhan tetapi bagaimana orang tersebut dapat melanjutkan ibadah dan amalan selama Ramadhan di bulan-bulan selanjutnya. “Tapi kalau sukses, bukan orang yang menang dalam pertandingan hari ini (puasa-red). Ini bukan pertandingan pak, ini pendidikan, Pelatnas keimanan. Kalau ngomong pertandingan, entar habis puasa,” jelasnya.


Ustadz Pasha menjelaskan macam-macam tarbiyah selama bulan Ramadhan. “Selama Ramadhan, ada tarbiyah (pendidikan-red) yang pertama yaitu Tarbiyatul imaniyah, yang kedua tarbiyatul amaliah,” terang Ustadz Pasha. Tarbiyatul imaniyah merupakan pendidikan tentang keimanan sedangkan tarbiyatul amaliah adalah pendidikan tentang amalannya. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kedua pendidikan tersebut saling berkaitan dan dilipat gandakan terutama selama bulan Ramadhan ini.


Tausiyah yang dihadiri oleh pejabat dan pegawai DJKN ini dikemas dengan menarik dan lucu sehingga audience tidak bosan ataupun tertidur selama tausiyah berlangsung. Tausiyah tersebut diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Ustadz Pasha. (Faz/Sur)

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : FAZA FAKHRIYAN WILDAN
Tanggal ditulis : Jum'at, 17 Mei 2019 pukul 10:46:21
Terakhir diedit : Jum'at, 17 Mei 2019 pukul 14:06:27
Foto Terkait Kilas Peristiwa