Kilas Peristiwa DJKN

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, DJKN –DJPB Siap untuk Selamat!

Kamis, 09 Mei 2019 pukul 09:47:32   |   70 kali

Jakarta – Seluruh pegawai kantor pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) melakukan simulasi evakuasi bencana gempa bumi pada Jumat (26/04) di Kantor Pusat DJKN Jakarta. Simulasi ini dilaksanakan untuk membentuk budaya waspada bencana di lingkungan kerja. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana. Di hari yang sama, kegiatan serupa juga dilakukan di seluruh instansi Kementerian Keuangan di seluruh Indonesia.


Sebelum simulasi dimulai, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan arahan agar seluruh pegawai dapat mengikuti simulasi secara baik. Kegiatan ini untuk membentuk budaya agar selalu menjaga kewaspadaan dalam menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi dan dapat mencegah korban jiwa yang tidak diinginkan.


Kegiatan dimulai tepat pukul 10 pagi dimulai dengan simulasi perlindungan diri di dalam ruangan saat terjadi gempa bumi. Kemudian, dilanjutkan dengan evakuasi seluruh pegawai melalui tangga darurat. Setiap lantai masing-masing memiliki 2 floor captain dan 2 wakil floor captain untuk memimpin proses evakuasi menuju titik kumpul. Proses simulasi berlangsung tertib dan kondusif.


Sekretaris DJKN Dodi Iskandar mengapresiasi para pegawai yang telah ikut berpartisipasi dalam simulasi ini. “Dengan mengikuti simulasi ini, para pegawai telah mempunyai pengalaman baik fisik maupun psikologis untuk melaksanakan evakuasi jika terjadi bencana yang sesungguhnya,” ujarnya. Ia berharap pengalaman ini akan berguna apabila terjadi bencana dan keadaan darurat yang sebenarnya.


Sekretaris DJPb Regina Maria Wiwieng Handayaningsih juga turut menghadiri kegiatan ini. Ia mengingatkan bahwa kegiatan simulasi ini penting karena bencana bisa datang sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari.  “Dengan melakukan simulasi pada siang hari ini, tentu saja kita lebih siap apabila sewaktu-waktu bencana itu datang walaupun sebenarnya tentu saja kita tidak mengharapkan bencana itu ada,” tuturnya.


Penulis : BEND ABIDIN SANTOSA
Tanggal ditulis : Kamis, 09 Mei 2019 pukul 09:47:32
Terakhir diedit : Kamis, 09 Mei 2019 pukul 09:49:38
Foto Terkait Kilas Peristiwa