Kilas Peristiwa DJKN

Dirjen KN: Pendopo Hadirkan Kembali Semangat Pejuang Kemerdekaan

Senin, 06 Mei 2019 pukul 09:17:54   |   95 kali

Jakarta – Bangunan Pendopo Kanwil DJKN DKI Jakarta telah selesai di restorasi. Pendopo atau Gedung Parapattan 10 yang terletak di Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No.10 adalah Barang Milik Negara yang sarat akan sejarah. Bangunan cagar budaya yang berada dalam komplek gedung Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) DKI Jakarta ini menjadi saksi dari perjuangan bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdakaannya. 

"Peresmian Pendopo Kanwil DKI Jakarta ini adalah bentuk revitalisasi semangat Pejuang Kemerdekaan. Maka dari itu Pendopo perlu dimanfaatkan secara maksimal dan patur disyukuri" Ujar Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata saat Peresmian Pendopo, Jumat (3/5).

Pembangunan ini adalah bentuk koordinasi dari Kementerian Keuangan c.q DJKN, Dinas Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta, serta para ahli cagar budaya untuk mencari referensi hasil yang optimal atas restorasi Pendopo Kanwil DJKN. Bangunan yang atapnya pernah roboh tersebut selesai direstorasi pada 27 Desember 2018, dan diresmikan oleh Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata pada tanggal 3 Mei 2019.

Kepala Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta Hadi Purnomo dalam sambutan sebelumnya menceritakan sejarah singkat Pendopo. "Pendopo Kanwil ini mengalami perubahan pengelolaan, mulai dari tahun 1832 dibangun (sebagai-red) panti asuhan oleh Komisaris Inggris, selanjutnya pada tahun 1835 menjadi Dinas Kesehatan Sipil Belanda, pada tahun 1943 dikuasai oleh Jepang dan akhirnya tempat ini jadi Pendopo,” Ujar Hadi.

 (Bhika/Surur/Andi – Humas DJKN)

Penulis : PAUNDRA ADI RISTIAWAN
Tanggal ditulis : Senin, 06 Mei 2019 pukul 09:17:54
Terakhir diedit : Senin, 06 Mei 2019 pukul 10:10:24
Foto Terkait Kilas Peristiwa