Kilas Peristiwa DJKN

Bintal Musimah DJKN: Lillah-kan Rasa Lelah

Senin, 11 Februari 2019 pukul 09:05:25   |   91 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mengadakan kegiatan bimbingan mental (BINTAL) untuk para pegawai muslimah DJKN dengan tema “Lelah Menjadi Lillah” bersama Ummu Balqis pada Jumat (8/2). Kegiatan ini bertujuan untuk membina mental dan membina soft kompetensi pegawai muslimah DJKN. 

Ummu Balqis mengawali kajiannya dengan memberikan materi tentang bagaimana menjadi wanita yang amanah agar mendapatkan Ridho Allah. “Amanah merupakan bagaimana manusia sebagai hamba Allah dapat bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas dan peran yang sedang dilakukan maupun yang sedang dikerjakan. Hidup ini sesungguhnya adalah kumpulan amanah apapun perannya.” Ujarnya.  

Ummu Balqis menambahkan, bahwa setiap umat di muka bumi ini harus mempunyai tujuan hidup untuk mendapatkan kebahagaiaan. Mendapatkan kebahagiaan dapat dilakukan dengan cara memperkuat akidah, merawat hati dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta dapat      me-Lillah-kan rasa lelah.

Ummu Balqis pun menjelaskan bahwa me-Lillah-kan rasa lelah itu dapat dilakukan dengan cara  pandai dalam memanage emosi  terlebih dahulu.  “Memanage emosi adalah bagaimana caranya menahan amarah maupun emosi dalam menjalani kehidupan. Orang yang paling baik adalah orang yang paling kuat menahan amarahnya. Maka kebahagiaan itu akan datang pada hidupnya”. Ujarnya.

Setelah dari kajian ini, Ummu Balqis berharap para pegawai muslimah DJKN dapat belajar mengelola emosi, memperkuat tujuan hidup, dan belajar memanage waktu dalam menuntaskan amanah di setiap pekerjaan agar dapat dengan mudah melillahkan lelah kita. Melilahkan rasa lelah yaitu bagaimana caranya rasa lelah menjadi berkah Allah SWT.

Sebelumnya, Kepala Bagian Kepegawaian DJKN, Dwi Wahyudi dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengharapkan pembinaan oleh Ummu Balqis  sesuai dengan nilai-nilai yang berada di Kementerian Keuangan khususnya DJKN. “Saya berharap, kegiatan ini in line atau sejalan dengan nilai-nilai yang ada di Kementerian Keuangan seperti integritas, bersinergi, proffesional, pelayanan, dan kesempurnaan untuk meningkatkan soft kompetensi kita dalam bekerja,” ujarnya. Dwi  berharap kajian ini dapat merubah lelah kerja para pegawai muslimah DJKN menjadi ibadah yang penuh berkah. Kegiatan yang digelar di Aula lantai 5 Kantor Pusat DJKN ini merupakan kajian pertama khusus muslimah di tahun 2019. Kegiatan ini diharapkan menjadi kegiatan rutin di DJKN. (monic.est)


Penulis : PAUNDRA ADI RISTIAWAN
Tanggal ditulis : Senin, 11 Februari 2019 pukul 09:05:25
Terakhir diedit : Senin, 11 Februari 2019 pukul 09:12:49
Foto Terkait Kilas Peristiwa