Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
Jadi Relawan Sehari di SDN 02 Rawasari
Azif Qurba Rahman
Senin, 22 Oktober 2018 pukul 15:47:55   |   611 kali

“Siapa yang pingin ketemu Menteri Keuangan?” tanya pria berkaca mata, berbaju batik corak cokelat pagi itu. “Saya pak, saya pak!” jawab anak-anak sambal berteriak. Lalu, pria itupun melanjutkan pertanyaannya. “Kalau ketemu terus mau ngapain?” tanyanya melanjutkan. “Potbar pak! Poto bareng” jawab salah satu anak dengan tertawa keras. Pria itupun tersenyum mendengar jawaban anak tersebut. Ya, tidak seperti biasanya, pagi itu Isa Rachmatarwata yang merupakan Direktur Jenderal Kekayaan Negara tidak melakukan pekerjaan rutinnya di kantor. Dirinya turut bergabung dengan relawan Tim Kemenkeu Mengajar untuk menjelaskan tentang Keuangan Negara kepada generasi penerus bangsa pada Senin, (22/10) di Kelas 6 SD Negeri 02 Rawasari, Jakarta.


Dalam Kemenkeu Mengajar ini, Isa menjelaskan bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan memperkenalkan profesi yang ada di Kementerian Keuangan dengan Bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh anak SD.


“Hayoo, siapa yang tahu pemimpin negeri kita?” tanyanya memancing. Salah satu anak bertubuh kurus dengan sumringah menjawab. “Presiden Ir. H. Jokowi,” jawabnya sekenanya. “Ya, betul. Presiden Joko Widodo,” tukasnya menjelaskan. Ia secara pelan dan perlahan mulai menjelaskan bahwa Presiden dalam mengelola negara dibantu oleh para Menteri. Salah satu Menteri yang bertugas mengelola uang negara adalah Menteri Keuangan. “Negara kita dapat uang dari mana dan untuk apa saja. Siapa yang bias jawab?” tanyanya. Seisi kelaspun saling berpandangan memikirkan jawabannya. Tak berapa lama ada yang menyeletuk. “Dari pajak pak!”jawab siswa tersebut.


“Ya, betul. Dan ada yang tahu uang negara buat apa?” tanya Isa yang selalu mencoba untuk berinteraksi. “Kalau uang negara itu untuk membangun infrastruktur, membangun sekolah, meningkatkan fasilitas Pendidikan buat kalian sekolah seperti ini,” terangnya.Tak terasa waktu 45 menitpun berlalu dan waktu yang diberikan kepada Dirjen Kekayaan Negara telah berakhir. Namun, sebelum diakhiri, fasilitator dari Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Susanti Warnadi Putri memberikan permainan menyusun kata yang sesekali dibantu oleh Dirjen Kekayaan Negara. Akhirnya bel istirahat berbunyi dan kelas pun harus diakhiri. Isa berharap agar setelah acara ini siswa mengetahui bahwa Kementerian Keuangan merupakan salah satu instansi yang bertugas mengelola keuangan dan kekayaan negara yang digunakan untuk kesejahteraan rakyat.


Salah satu fasilitator Kemenkeu Mengajar 3 Susanti Warnadi Putri menjelaskan kegiatan yang mengusung semangat kesukarelaan ini tidak memungut biaya apapun pada sekolah dan pegawai yang mengikuti Kemenkeu Mengajar juga tidak akan mendapatkan pembayaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Masa depan Indonesia yang lebih baik adalah imbalan yang pantas dalam upaya turut mencerdaskan kehidupan bangsa seperti Kemenkeu Mengajar ini," ujarnya pada kesempatan yang berbeda. (Baz/jip-Humas)

 

 

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini