Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
“Gardenia Islands” Pulau Tanaman Berjuta Harapan
Hendrawan Yudie Susanto
Sabtu, 22 September 2018 pukul 13:31:45   |   283 kali

Tarakan - Green is the prime color of the world, and that from which its loveliness arises.” Hijau adalah warna utama dunia, dan dari situlah keindahan itu muncul, ungkap Guntur, Kepala KPKNL Tarakan saat membuka acara Peresmian Taman di KPKNL Tarakan, Kamis (13/9). Taman ini merupakan salah satu fasilitas baru pendukung Pengarusutamaan Gender (PUG) sekaligus salah satu inovasi gerakan penghijauan kantor.

Peresmian Taman yang diberi nama “Gardenia Islands” tersebut selain dihadiri oleh seluruh jajaran KPKNL Tarakan, juga  dihadiri oleh Kepala Kanwi DJKN Kaltimtara, Surya Hadi, dan Kepala Bidang Piutang Negara, Ferry Gustavit , yang sebelumnya menghadiri acara Monitoring dan Evaluasi Penilaian Kembali BMN. Dalam sambutannya, Surya memberikan apresiasi dan  menyampaikan pesan untuk terus mengembangkan inovasi dan kreativitas di bidang apapun guna peningkatan kualitas para pegawai  ke arah lebih baik.

Setelah memberikan sambutannya di acara yang dilaksanakan pukul 18.45 WITA tersebut, Surya melanjutkan dengan pemotongan pita menandakan resminya “Gardenia Islands” sebagai Taman KPKNL Tarakan, di kesempatan tersebut Surya juga menyerahkan Tanaman yang bertuliskan nama Surya Hadi kepada Kepala KPKNL Tarakan sebagai bagian dari pelengkap tanaman di Gardenia Islands.

Menurut Guntur, “Gardenia Islands” sendiri adalah nama yang mempunyai arti pulau tanaman dan mempunyai makna letak kota Tarakan yang berada di pulau terpisah dari pulau Kalimantan. Komposisi  serta peletakan tanaman-tanaman yang dibagi nama pulau-pulau, meliputi  “Flowery Island” yang merupakan kumpulan tanaman berbunga, “Savana Island” yang merupakan kumpulan tanaman berdaun dan tanaman jarum. Gardenia Islands kedepannya akan menambahkan jenis kumpulan tanaman lainnya, seperti “Apotek Hidup” yang merupakan kumpulan tanaman obat-obatan, dan “Dapur Hidup”, yaitu kumpulan tanaman sebagai bahan baku masakan.

Gardenia Island tidak hanya menghadirkan aneka ragam tanaman, taman ini juga menghadirkan wisata foto yang baru dan menarik, seperti adanya hiasan-hiasan payung warna-warni di langi-langit sepanjang taman serta adanya wahana foto 3 Dimensi  yang semakin menambah daya tarik bagi para pengguna jasa maupun tamu yang berkunjung ke KPKNL Tarakan.

Taman hasil swasembada ini dibuat dan disusun secara sinergi antara pegawai perempuan dan pegawai laki-laki dalam memilih jenis tanaman dan peletakan pot. Taman ini dibuat dengan konsep ramah di segala kalangan, selaras dengan konsep Pengarusutamaan gender (PUG) yang bertujuan untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender guna meningkatkan kinerja yang lebih baik.

Dengan adanya “Gardenia Islands” tersebut, Guntur berharap dapat menjadi tempat yang memunculkan ide-ide baru yang kreatif dan segar, sehingga menjadikan KPKNL Tarakan sebagai kantor pelayanan yang unggul dan terampil dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan.

Di akhir acara para hadirin menyantap makan malam yang disajikan secara “ngriung” (bersama-sama). Dengan menu sederhana. Suasana akrab dan bersahabat menjadi penutup manis dari rangkaian kegiatan pada hari tersebut. (Teks:Kafrizal Nanang & Arif Effendi, Foto:Wone)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini