Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
KPKNL Padang Goes To School, Kenalkan Lelang Sejak Dini
N/a
Rabu, 02 November 2016 pukul 20:25:49   |   442 kali

Padang - Sejumlah 74 murid Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Padang mengikuti simulasi lelang yang diadakan Kantor Pelayanan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang, Kamis (27/11). Dalam simulasi yang digelar di Aula SMAN 2 Padang tersebut, satu buku paket soal latihan Ujian Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) dan satu flash drive 16 gigabyte berhasil terjual masing-masing 1100% dan 1300% di atas harga limit.

Kenaikan harga yang amat signifikan ini diakibatkan antusiasme para siswa dan siswi SMAN 2 Padang yang begitu tinggi saat mengikuti lelang. Salah seorang siswa mengaku terbawa suasana ketika menawar flash drive, hingga tidak menyadari bahwa harga yang dipertahankannya telah terlampau tinggi untuk kocek murid SMA.

“Bagaimana kesan pesannya ikut lelang?,” tanya Kepala Seksi Lelang Agus Kurniawan yang pada saat itu juga berperan sebagai Afslager atau Pemandu Lelang. “Saya terus terang terkejut,” jawab siswa tersebut di bawah derai tawa dan cemoohan teman-temannya. Wajahnya yang ceria selama mengikuti lelang berubah sedikit pias karena berpikir harus segera melakukan pelunasan. Beruntung, Kepala KPKNL Padang Muhammad Syukur segera menyela dengan sebuah pengumuman.

“Adik ini memang agak unik. Sendirinya menawar, tapi mengaku kemahalan. Akhirnya ditertawai teman-teman. Tapi, tidak apa-apa, karena semua sebenarnya digratiskan. Tidak usah bayar,” kata Muhammad Syukur, membuat siswa tersebut ganti terbahak di hadapan teman-temannya yang menyesal karena kalah menawar.

Simulasi lelang di SMAN 2 Padang ini merupakan salah satu sesi dari kunjungan Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Padang dalam rangka penggalian potensi. Para murid SMA juga diberikan materi tentang Lelang DJKN. Pemaparan ini terbukti cukup menarik minat siswa dan siswi SMAN 2 Padang yang antusias mengangkat tangan agar diberi kesempatan bertanya.

“Apa yang sudah dilakukan Lelang DJKN untuk menanggapi era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN.red)?,” tanya salah satu siswi. Sembari menampilkan laman depan situs lelangdjkn.kemenkeu.go.id. melalui proyektor, Agus lantas menjawab. “Lelang DJKN sejak tahun lalu sudah dapat diakses melalui internet dengan e-Auction. Adik-adik sekalian bisa melihat dan mengikuti lelang yang diselenggarakan oleh KPKNL mana saja di seluruh Indonesia,” paparnya. (Teks/Foto: Nurul Fadjrina)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini