Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Pojok SMV, Penguatan Kontribusi Kanwil DJKN sebagai Perpanjangan Tangan SMV Kemenkeu
Rachmadi
Jum'at, 28 Januari 2022 pukul 15:27:35   |   257 kali

Jumat, 28 Januari 2022, dengan diresmikan oleh Dirjen Kekayaan Negara dan dihadiri oleh Direktur KND serta Direktur Eksekutif/Direktur Utama dari 6 SMV, Kanwil DJKN Aceh melakukan launching Pojok Special Mission Vehicle (Pojok SMV) atas 6 SMV Kementerian Keuangan yang berada dibawah koordinasi DJKN. Pojok SMV ini diharapkan bisa menjadi simpul kolaborasi 6 SMV Kemenkeu dengan pemangku kepentingan di Propinsi Aceh. Peluncuran ini merupakan inisiatif Kanwil DJKN Aceh sebagai peningkatan kontribusi Kanwil DJKN Aceh terhadap perekonomian Propinsi Aceh.

SMV Kementerian Keuangan

Dalam Media Kekayaan Negara Edisi 32 Tahun X/2019 disebutkan bahwa SMV Kemenkeu adalah BLU, BUMN, dan Lembaga yang berada dibawah Pembinaan dan Pengawasan Kementerian Keuangan yang memiliki tugas khusus untuk melaksanakan tugas pembangunan. Sebagaimana diketahui bahwa Kementerian Keuangan melakukan pembinaan dan pengawasan atas 8 SMV yang terdiri dari 1 Lembaga sue generis yaitu LPEI, 4 BUMN yaitu PT SMI, PT PII, PT SMF, PT GDE, dan 3 BLU yaitu LMAN, LPDP, dan PIP. Kecuali BLU LPDP yang pembinaannya berada dibawah Sekretaris Jenderal dan BLU PIP yang pembinaannya berada dibawah Ditjen Perbendaharaan, 6 SMV lain berada dibawah koordinasi DJKN baik selaku RUPS maupun Pembina.

6 SMV yang berada dibawah koordinasi DJKN (LPEI, PT SMI, PT PII, PT SMF, PT GDE, dan BLU LMAN) tidak memiliki perwakilan di seluruh Propinsi, misalnya Propinsi Aceh. Disisi yang lain Kanwil DJKN selama ini telah memiliki jangkauan maupun koordinasi yang intensif dengan stakeholder di daerah seperti Pemerintah Propinsi maupun Kab/Kota, instansi vertikal, serta masyarakat disekitarnya. Hal inilah yang coba disinergikan dengan pendirian Pojok SMV di Kanwil DJKN Aceh.

Pojok SMV

Sebelumnya dalam acara acara Infra Outlook 2020: The Future Of Alternative Financing For Sustainable Development yang bertempat di Gedung Dhanapala, Direktur Utama PT PII dengan disaksikan oleh Wakil Menteri Keuangan dan Dirjen Kekayaan Negara meresmikan Kanwil DJKN Aceh sebagai sebagai salah satu pilot project pendirian Pojok KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha). Pojok KPBU merupakan sinergi antara SMV Kemenkeu dhi PT PII dengan Kanwil DJKN, pada saat itu Kanwil DJKN Aceh ditunjuk bersama dengan Kanwil DJKN Jateng-DIY dan Kanwil DJKN Jatim1.

Tim Pojok KPBU Kanwil DJKN Aceh telah melakukan berbagai upaya dalam memperkenalkan skema KPBU di Propinsi Aceh, diantaranya dengan mengawal proses KPBU Syariah pertama di Indonesia dalam perluasan RSUD Zainoel Abidin di Kota Banda Aceh2, serta menginisiasi upaya KPBU Pariwisata pengembangan Danau Lut Tawar di Kabupaten Aceh Tengah3,4. Meskipun hasilnya masih memerlukan waktu, namun proses yang dilakukan telah membuka mata banyak pihak di Propinsi Aceh tentang skema KPBU sebagai alternatif pembiayaan dan upaya menarik investor. Diakhir tahun 2021 Kanwil DJKN Aceh memperluas cakupan Pojok KPBU menjadi Pojok SMV dengan menggandeng 5 SMV Kemenkeu lain diluar PT PII.

Sinergi Dengan Stakeholder Setempat

Kanwil DJKN Aceh aktif bersinergi dengan Kanwil DJBC Aceh dalam upaya peningkatan kapasitas UMKM, agar dapat memperluas pasar keseluruh Indonesia melalui portal lelang.go.id serta beyond Indonesia melalui ekspor produk-produk unggulan. Kanwil DJBC Aceh juga aktif terlibat dalam upaya Kanwil DJKN Aceh menjembatani kerjasama antara Pemerintah Propinsi Aceh dengan LPEI5.

Kanwil DJKN Aceh juga akan berupaya menjembatani implementasi kerjasama antara PT Bank Aceh Syariah selaku Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh dengan PT SMF terkait penyaluran pembiayaan sektor perumahan. Tidak secara langsung karena memang tidak termasuk kewenangan Kanwil DJKN, namun dapat dilakukan secara informal memaksimalkan hubungan baik Kanwil DJKN Aceh dengan BPD Aceh yang selama ini memang aktif mengajukan permohonan lelang melalui KPKNL.

Dapat Direplikasi

Dalam acara launching Pojok SMV, Dirjen Kekayaan Negara memberikan apresiasi atas inisiatif pembukaan Pojok SMV ini serta menyampaikan bahwa pembukaan Pojok SMV dapat direplikasi oleh Kanwil DJKN lain, khususnya di wilayah-wilayah yang belum memiliki perwakilan SMV. Hal ini akan berdampak positif untuk menurunkan tingkat urgensi bagi para SMV untuk membuka kantor perwakilan disemua Propinsi.

Terakhir meskipun BLU LPDP dan BLU PIP tidak termasuk dalam 6 SMV yang berada dibawah koordinasi DJKN, namun tidak menghalangi Kanwil DJKN Aceh untuk juga bersinergi dengan keduanya. Forum Sanger Kemenkeu Satu sebagai forum knowledge sharing pada bulan November 2021 telah mengadirkan BLU LPDP untuk memperkenalkan diri serta menjelaskan terkait beasiswa yang dilayani, khususnya untuk targeted PNS serta afirmasi daerah 3T6. Dibulan Desember 2021 giliran BLU PIP yang memperkenalkan diri serta menjelaskan rencana pendirian Rumah Ultra Mikro (Rumah UMi) di Propinsi Aceh7.


-Rachmadi dan Wellmi, Kanwil DJKN Aceh-


Referensi

1. https://www.beritasatu.com/photo/32557/kementerian-keuangan-bersama-pii-luncuran-pojok-kpbu

2. https://rsudza.acehprov.go.id/tabloid/2019/05/02/pengembangan-rsudza-proyek-kpbu-pertama-dengan-sistem-syariah/

3. https://humas.acehtengahkab.go.id/bupati-shabela-presentasikan-gagasan-pengembangan-wisata-kawasan-pesisir-barat-danau-lut-tawar/

4. http://tanohgayo.com/pemkab-aceh-tengah-rencanakan-pengembangan-wisata-kawasan-pesisir-barat-danau-lut-tawar/

5. https://www.youtube.com/watch?v=OeJKGOP7fD0&t=4314s

6. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/berita/baca/26411/LPDP-Bagikan-Informasi-Beasiswa-di-Forum-Sanger-Kemenkeu-Satu.html

7. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-aceh/baca-berita/26755/Forum-Sanger-Wujudkan-Rumah-UMi-Sebagai-Kolaborasi-Kemenkeu-Satu.html

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini