Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Forum Sanger Wujudkan Rumah UMi Sebagai Kolaborasi Kemenkeu Satu
Anton Wibisono
Jum'at, 31 Desember 2021   |   244 kali

Banda Aceh – Pada hari Kamis, 30 Desember 2021, Keluarga Besar Kementerian Keuangan Propinsi Aceh menghadirkan Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP) untuk memperkenalkan diri sekaligus memaparkan konsep Rumah Ultra Mikro (UMi) sebagai salah satu bentuk kolaborasi kepada Kanwil Kemenkeu seluruh Indonesia.

 

Sebagaimana diketahui bahwa Forum Sanger merupakan salah satu inovasi unggulan yang digagas oleh Kanwil DJKN Aceh, selain sebagai sarana knowledge sharing juga sebagai sarana pengembangan potensi pegawai. Setelah bulan November menghadirkan BLU LPDP, Desember ini menghadirkan ‘BLU Pengelola Dana’ lain yang berada di lingkungan Kementerian Keuangan yaitu BLU PIP. Sebagaimana dipahami bahwa DJKN merupakan Pengelola Aset dan Investasi, dimana salah satu investasi yang dikelola adalah Investasi Nonpermanen berupa Dana Bergulir sektor Ultra Mikro yang digawangi oleh BLU PIP.

 

Acara yang dipandu oleh Vera Intan Karlina ini dihadiri oleh hampir 200 partisipan dari Kantor Wilayah DJKN, DJPb, DJP, serta DJBC seluruh Indonesia dan ditayangkan melalui aplikasi zoom meeting maupun kanal youtube Kanwil DJKN Aceh. Acara dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Aceh, Syukriah HG, yang pada intinya menyampaikan terima kasih atas kesediaan BLU PIP untuk hadir dan berbagi pengetahuan dengan Keluarga Besar Kemenkeu Aceh. Selanjutnya Kepala Kanwil DJPb Propinsi Aceh, Syafriadi, dalam sambutannya menyatakan bahwa Rumah UMi bisa menjadi sarana untuk memperkuat kolaborasi Kemenkeu Satu dan media untuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat di Aceh.


Acara inti adalah pemaparan konsep Rumah UMi oleh Direktur Kerjasama Pembiayaan dan Pendanaan BLU PIP, Muhammad Yusuf. Disampaikan bahwa Rumah UMi merupakan salah satu upaya nyata Kemenkeu dalam pemberdayaan UMKM, optimalisasi aset iddle, serta edukasi kepada UMKM terkait perpajakan, potensi ekspor, dan lain-lain. Disampaikan pula bahwa sebelumnya Rumah UMi telah diluncurkan di Kota Ternate dengan menggandeng unit-unit Kemenkeu setempat, dan diharapkan dapat didirikan diseluruh Propinsi di Indonesia. Acara dihadiri pula oleh Fitra Riadian, Direktur Utama Rumah UMi Ternate yang turut menyemarakkan sesi diskusi dan tanya jawab di forum ini. (narasi/foto  : Tim Kreatif dan Publikasi) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini