Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
LPDP Bagikan Informasi Beasiswa di Forum Sanger Kemenkeu Satu
Anton Wibisono
Jum'at, 26 November 2021 pukul 19:50:34   |   2219 kali

Banda Aceh - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) hadir sebagai narasumber untuk memperkenalkan diri sekaligus menjelaskan tentang layanan beasiswa yag dikelolanya kepada Keluarga Besar Kemenkeu Aceh dalam Forum Sanger Kemenkeu Satu pada Kamis, (25/11).

Tak hanya dihadiri oleh instansi vertikal Kementerian Keuangan Provinsi Aceh saja, forum ini juga dihadiri oleh peserta dari Kanwil DJKN Sumut, Kanwil DJKN SJB, Kanwil DJKN Kalselteng, Kanwil DJKN Papabaruku, KPKNL Pematang Siantar, KPKNL Palembang, KPKNL Bima, KPKNL Palangkaraya, KPKNL Singkawang, dan KPKNL Palopo. Bahkan peserta dari Pemda-pun turut meramaikan acara ini.

Acara yang digelar secara daring ini dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Aceh, Syukriah HG. Dalam welcoming remarksnya, Syukriah ungkapkan apresiasi dan rasa terima kasih atas kesediaan Direktur Beasiswa LPDP dan Kepala Divisi Hukum dan Komunikasi LPDP yang telah hadir di Forum Sanger Kemenkeu Satu. Ia berharap Sosialiasi Beasiswa LPDP ini dapat memberikan semangat dalam menambah wawasan pengetahuan, baik formal maupun nonformal.

Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso menyampaikan ucapan terima kasih dan kegembiraannya karena memperoleh undangan dari ujung negeri. “Sosialisasi di forum ini merupakan saat yang tepat karena program LPDP sempat terinterupsi pandemi covid-19, program ini sudah siap untuk launching pada awal tahun 2022. Tahun 2021 merupakan kebangkitan dari LPDP dan tahun 2022 adalah kelanjutan program dengan tatanan normal baru,” ujarnya.

Dwi juga menyampaikan jenis beasiswa yang dapat dipilih serta program baru yang diluncurkan oleh LPPD pada tahun 2022 seperti mendukung Kemendikbudristek dalam Kampus Merdeka, Vokasi, atau pun Peningkatan Guru/Dosen, serta beberapa program lulusan SMA atau pun S1 lainnya.

Pemaparan materi yang dibawakan oleh narasumber dari LPDP yaitu Kepala Divisi Hukum dan Komunikasi Mohammad Lukmanul Hakim. Lukman menyampaikan bahwa per-31 Oktober 2021, penerima beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan sebanyak 1.063 orang, dengan 615 orang dengan tujuan studi dalam negeri dan 448 orang dengan tujuan studi luar negeri dengan jenjang studi magister dan doktor. Lukman juga mengungkapkan kolaborasi yang dilakukan oleh LPDP dengan Kemendikbudristek dan Kemenag seperti yang disebutkan oleh Dwi Larso sebelumnya.


Tak kalah penting, ia juga membahas terkait beberapa program LPDP seperti Afirmasi, Targeted, dan Umum, beserta jenis-jenis beasiswanya. “Bagi ASN lebih menguntungkan jika memilih program Targeted yang dikhususkan bagi PNS/TNI/POLRI,” ungkapnya. Persyaratan, rangkaian seleksi beasiswa LPDP beserta layanan pembayaran beserta monev juga dibahas oleh Lukman.

 

Sesi diskusi yang dipandu oleh MC, Aditya Dharmawan dan Rosiana Alfitria berlangsung meriah dengan banyaknya pertanyaan dari peserta khususnya kalangan milenial yang tertarik dengan beasiswa yang ditawarkan oleh LPDP. Lebih dari 150 peserta hadir melalui kanal zoom dan youtube, dari Aceh hingga Papua. Alokasi waktu 1 jam dirasakan tidak mampu memenuhi antusiasme peserta yang hadir.

Acara ditutup dengan closing statement oleh Lukman. “Kita berharap ke depannya banyak program serupa (Forum Sanger-red), yang pada akhirnya bisa menyebarluaskan informasi mengenai program beasiswa LPDP dan banyak yang berpartisipasi. Jika terdapat hal yang kurang jelas, dapat langsung berkunjung ke website LPDP atau melalui bantuan.kemenkeu.lpdp.go.id,” pungkasnya. (narasi/foto: tim kreatif dan publikasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini