Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Gorontalo > Kilas Peristiwa
Polresta Gorontalo Lakukan Pembinaan Satpam pada KPKNL Gorontalo
Yus Iriyanto Ilahude
Jum'at, 09 Juni 2023   |   77 kali

Gorontalo – Kepolisian Resort Kota (Polresta) Gorontalo melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) memberikan pengarahan dan pembinaan kepada satuan pengamanan (satpam) di Aula KPKNL Gorontalo pada Kamis (08/06). Para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut tidak hanya satpam KPKNL Gorontalo, akan tetapi juga dari beberapa satpam yang berasal dari instansi publik pemerintah maupun swasta diantaranya Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo, Universitas Negeri Gorontalo, Pegadaian, Hotel Aston, dan lain-lain.

Tim dari Satuan Binmas Polresta Gorontalo dipimpin oleh Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Binmas IPDA Anton Limonu dan Kepala Sub Unit Pembinaan Pengamanan Swakarsa (Kasubnit Binkamsa) AIPDA Abdul Rahmat Datuela.

IPDA Anton Limonu menyampaikan terima kasih kepada Kepala KPKNL Gorontalo yang telah memfasilitasi dan bersedia menyediakan tempat, sehingga kegiatan pengarahan dan pembinaan satpam dapat terselenggara dengan baik. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa acara ini merupakan kegiatan rutin di wilayah hukum Polresta Gorontalo sebagai bagian dari pelaksanaan Peraturan Polri Nomor 04 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Kepala KPKNL Gorontalo, Iwan Darma Setiawan dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih karena Satuan Binmas Polresta Gorontalo telah memilih KPKNL Gorontalo sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pengarahan dan pembinaan bagi satpam. Iwan berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas dan pemahaman dari para satpam terkait tugas dan tanggung jawabnya, sehingga dapat menunjang pelayanan pengamanan pada kantor masing-masing.

Materi pembinaan bagi para satpam disampaikan oleh AIPDA Abdul Rahmat Datuela. Beliau membawakan materi tentang Standard Operation Prosedure (SOP) Security Secara Umum dan Tugas, Fungsi, dan Peranan Security (Satpam).

“Seorang Satpam selain bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja juga memiliki peranan sebagai unsur pembantu Kepolisian dalam pembinaan keamanan dan ketertiban terutama di bidang penegakan hukum dalam lingkungan atau kawasan kerja. Saat ini jumlah personel Kepolisian belum ideal, apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk, dimana setidaknya satu anggota melayani 700 orang. Untuk itu peran serta Satpam dalam menjaga keamanan sangat membantu tugas dari Kepolisian” jelas Abdul Rahmat.

Kegiatan pembinaan dan pelatihan tersebut berlangsung dari Pukul 09.00 WITA dan selesai sekitar Pukul 10.30 WITA.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini