Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Gorontalo > Kilas Peristiwa
Megah, Kostum “The Bird of Prosperity” KPKNL Gorontalo Meriahkan Gorontalo Karnaval Karawo 2022
Muhammad Iqbaal Fadhilah
Rabu, 08 Juni 2022   |   344 kali

Gorontalo - Setelah 2 tahun vakum akibat pandemi Covid -19, Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) kembali diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dengan tema “Karawo Inspiring Sulawesi“. Gorontalo Karnaval Karawo sendiri merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk mengenalkan salah satu kekayaan budaya tak benda Gorontalo yakni “Karawo”. Puncak rangkaian GKK 2022 adalah parade busana yang diselenggarakan di halaman Grand Palace Convention Center, Jalan Andalas, Kota Gorontalo pada Rabu (08/06). Parade busana diikuti oleh beberapa instansi dengan mengenakan busana beberapa desainer Gorontalo. Puncak rangkaian GKK 2022 dibuka langsung oleh penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dan Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Birokrasi dan Regulasi Kurlina Ukar mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Gorontalo Karnaval Karawo 2022 merupakan salah satu dari 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 bersama dengan Festival Pesona Saronde dan Festival Pesona Danau Limboto” ujar Kurlina dalam sambutannya.

KPKNL Gorontalo tak mau kalah dan turut berpartisipasi dalam  parade dengan menampilkan kostum bertema “The Bird of Prosperity” yang didesain dan dikenakan oleh pelaksana Sub Bagian Umum, Dimas Pandi Trisetyo Adji.

"The Bird of Prosperity merupakan kostum berbentuk Burung Garuda yang memiliki makna simbol kekuatan, kemegahan dan kejayaan. Warna dasar hitam pada kostum dipadukan dengan sayap kokoh berwarna emas menggambarkan bahwa masyarakat gorontalo mampu bangkit dari situasi seburuk apapun menuju kejayaan dan kesejahteraan. Masker yang didesain menerawang menggambarkan keindahan kesenian karawo serta warna kuning pada motif karawo memberi arti sifat optimis seperti masyarakat Gorontalo yang selalu optimis bahwa karawo akan dikenal dunia," Ujar Dimas.

Parade diawali dengan penampilan tarian kolosal yang dibawakan oleh binaan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo kemudian dilanjutkan dengan parade busana oleh peserta. Dinas Pariwisata Kab. Mamuju Utara, Provinsi Sulawesi Barat dan Dinas Pariwisata Kab. Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara turut hadir sebagai undangan untuk tampil dalam parade busana.

Semoga dengan adanya Gorontalo Karnaval Karawo ini budaya Karawo dapat semakin dikenal luas di Indonesia hingga mancanegara.

(mif/mt) (foto: Taufik Afandy Hidayat & Muhammad Iqbaal Fadhilah)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini