Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dukung Penyertaan Modal Pemerintah Pusat, Tim Penilai KPKNL Gorontalo Menilai Bus DAMRI Cabang Gorontalo
Yus Iriyanto Ilahude
Jum'at, 03 Maret 2023   |   136 kali

Gorontalo – Selama tiga hari mulai tanggal 28 Februari – 02 Maret 2023, Tim Penilai KPKNL Gorontalo melakukan survei lapangan terhadap empat buah kendaraan bus di Kantor Perum DAMRI Cabang Gorontalo yang terletak di Terminal Tipe A Dungingi, Jalan Beringin, Kelurahan Huangobotu, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo.

 

Penilaian ini dilaksanakan dalam rangka Penyertaan Modal Pemerintah Pusat (PMPP). Objek penilaian berupa kendaraan bus pada Perum DAMRI Cabang Gorontalo tersebut merupakan bagian dari Barang Milik Negara (BMN) milik Kementerian Perhubungan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang akan dijadikan PMPP dengan diserahkan kepada Perum DAMRI.

 

“Kami selalu menerima bantuan armada bus dari Kementerian Perhubungan dan bus-bus yang dinilai ini merupakan bus bantuan terakhir yang diserahkan pada tahun 2016. Saat ini keempat bus tersebut kami operasikan untuk melayani rute-rute perintis yaitu Gorontalo – Malango (Kabupaten Pohuwato), Gorontalo – Pinolosian (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan), Gorontalo – Pelabuhan Anggrek (Kabupaten Gorontalo Utara), dan rute umum Gorontalo – Buol (Sulawesi Tengah),” kata Anwar L, General Manager Perum DAMRI Cabang Gorontalo.

 

Adapun spesifikasi objek penilaian ini adalah kendaraan bus merk Hino dengan kapasitas mesin 4000 cc dan kapasitas tempat duduk penumpang sebanyak 15 – 29 orang. Kendaraan bus tersebut diproduksi tahun 2016 dengan kondisi masih layak digunakan untuk melayani kebutuhan penumpang.

 

“Kami melaksanakan survei fisik kendaraan bus pada pagi hari sebelum keberangkatan bus-bus tersebut agar tidak mengganggu waktu operasionalnya, mengingat keempat bus memiliki jadwal operasional hampir setiap hari,” kata Faizal Fahmi, Penilai Pemerintah Ahli Pertama KPKNL Gorontalo yang didampingi anggota tim penilai, Reza Ardiansyah dan Yus Iriyanto Ilahude.

 

Tim penilai melakukan pemeriksaan objek penilaian secara keseluruhan, yang dimulai dari pencocokan nomor rangka dan nomor mesin dengan data dan dokumen yang diserahkan. Selanjutnya dilakukan pengecekan fisik dengan memastikan kondisi bus berjalan dengan kondisi normal, pengecekan sistem kelistrikan, AC, dan lain-lain. Dalam pemeriksaan fisik tersebut, tim penilai mendapat pendampingan dari Manager Teknik Perum DAMRI Cabang Gorontalo, Moh. Surgawi dan dibantu oleh sopir masing-masing bus.

 

“Bus-bus ini mendapat perawatan rutin di bengkel khusus DAMRI yang berlokasi di belakang Terminal Dungingi,” jelas Moh. Surgawi.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini