Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Rutinitas buat kamu Jenuh? Olahraga Yuk!!!
Nural Fajri
Jum'at, 09 September 2022 pukul 16:11:22   |   918 kali

Rutinitas buat kamu Jenuh? Olahraga Yuk!!!

· Sobat Tekad, Pusing dengan urusan kerjaan di kantor? Mungkin semua dari kita yang bekerja di kantor dan terus menerus menatap layar monitor atau gadget membuat kita merasa jenuh dengan rutinitas yang itu itu terus. Terlebih lagi jika banyak berkas berkas penting yang harus kita baca terlebih dahulu satu persatu akan membuat kita sebagai karyawan merasa penat dengan kerjaan yang ada.

· Nah, bagi kamu yang merasa jenuh dengan rutinityas sehari hari di kantor, ada kalanya kalau kamu melakukan aktivitas yang bisa membuat kamu teralihkan dengan segala macam urusan kerjaan di kantor sejenak. Membuat pikiran dan mental di dalam diri kamu menjadi lebih rileks dan menaikkan mood kamu, salah satunya dengan berolahraga. Berolahraga bisa dengan secara individu maupun berkelompok dengan rekan kerja kamu ataupun teman teman diluar lingkungan kerja kamu.

· Olahraga yang dilakukan juga bisa kita lakukan baik dirumah ataupun ditempat umum. Olahraga yang bisa kita lakukan ada banyak sekali, seperti melakukan senam, cardio, atletik, permainan beregu seperti sepak bola, futsal, basket, bulutangkis, dan lain lain. Karena olahraga tidak membutuhkan biaya yang banyak, melainkan butuh tekad yang kuat dan niat kita untuk semangat beraktifitas agar tubuh lebih sehat dan bugar seperti para sobat tekad yang ada diluar sana. Olahraga juga penting karena dapat membantu mencegah penyakit atau virus yang menyerang tubuh kita karena dengan berolahraga, racun racun yang ada di dalam tubuh kita akan keluar disaat kita mengeluarkan keringat. Mengingat juga situasi pandemic COVID-19 yang masih menghantui kita dimanapun, yang mengharuskan kita untuk lebih kuat dalam melawan virus tersebut.

· Mengutip dari Kementrian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat, bahwa berolahraga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita seperti :

· menormalkan kadar kolestrol di dalam tubuh,

· membakar kalori di dalam tubuh,

· menyehatkan jantung,

· mencegah terjadinya diabetes,

·

Source : https://promkes.kemkes.go.id/5-manfaat-olahraga-bagi-tubuh

dan juga mengurangi stres.

Oh iya sobat, kurang berolahraga bisa membuat kita sering mengantuk atau menguap disaat jam produktif loh. Karena tubuh kita yang kurang fit, dengan pola tidur yang kurang cukup, dan juga pastinya jarang berolahraga karena kurangnya pergerakan tubuh, atau bisa kita sebut mager (malas gerak) dikit dikit mengeluh terhadap situasi yang ingin dilakukan sehingga tidak jadi dilakukan. Kalian juga bisa melihat dan membaca artikel sebelumnya yang berjudul “Sering Mengantuk di Jam Produktif?”.

Baca disini : https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-tangerang1/baca-artikel/15312/Sering-Mengantuk-di-Jam-Produktif.html

Seperti mengutip dari artikel Halodoc, bahwa akibat dari kurang berolahraga bisa memiliki dampak yang cukup serius sobat. Berikut ini adalah beberapa masalah yang timbul karena kurangnya berolahraga :

· Kematian mendadak, menurut jurnal medis Lancet, kurangnya berolahraga bisa menyebabkan kematian, disebutkan bahwa satu dari 10 kematian mendadak di dunia disebabkan karena malas berolahraga. Untuk menghindari itu, American heart Association menyarnakan untuk melakukan olahraga setidaknya 30 – 60 menit dalam kurun waktu 3 – 4 kali seminggu.

· Depresi, menurut American Journal of Preventive Medicine, orang yang tidak rutin berolahraga cenderung lebih mudah depresi dibandingkan dengan mereka yang rutin dalam berolahraga. Ketika kita berolahraga sesungguhnya kita melepaskan hormon endorphine dan oksitosin yang setara dengan berhubungan intim. Efek bahagia, senang, dan gembira akan menjadi dampak setelah kita melakukan olahraga.

· Cepat Tua, kurangnya berolahraga bisa membuat kita cepat tua lho sobat. Faktanya, mereka yang rutin melakukan olahraga memiliki kepadatan tulang yang lebih baik ketimbang yang tidak. Tubuh, otot, tulang jika tidak dilatih akan melemah dan tidak akan bekerja maksimal seiring dengan penambahan usia. Melakukan olahraga yang rutin bisa membuat kita mengeluarkan keringat sehat, melemaskan kulit yang membuatnya tidak cepat tua dan keriput.

· Gampang Sakit, menurut Department of Health and Human Services, orang yang kurang berolahraga adalah gampang sakit. Melakukan olahraga rutin dapat meningkatkan kinerja sel darah putih yang memiliki fungsi untuk melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bukan hanya soal imunitas tubuh yang melemah karena tidka pernah dilatih, tetapi juga penyakit penyakit yang muncul karena penumpukan lemak akibat tubuh yang jarang bergerak.

· Berat Badan tidak terkontrol, rutin berolahraga akan membuat berat badan kita stabil lho sobat. Bahkan rutin berolahraga bisa menjadi sinyal untuk tetap menerapkan pola diet sehari hari. Dengan berolahraga, kita juga bisa makan “sesukanya”, dalam arti ketika kita melakukan cheating day, tidak akan berdampak terlalu signifikan karena kita rutin berolahraga.

Source : https://www.halodoc.com/artikel/5-akibat-berbahaya-kalau-malas-olahraga

Nah, sobat tekad dapat menyadari bahwa berolahraga sangat penting untuk tubuh kita baik secara fisik dan psikis kita. Rutin berolahraga juga akan menghindari kita dari masalah atau penyakit penyakit yang ada disekitar kita. Kebugaran tubuh juga akan membantu kita dalam urusan kantor, seperti bisa lebih fit, semangat, dan lebih produktif. Kejenuhan pun bisa teratasi dengan olahraga atau aktifitas yang dilakukan diluar kantor menjadi lebih asyik.

By. David

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini