Tegal - Semakin sore semakin rame, sangat tepat menggambarkan suasana
kegiatan Rabu (27/07/2022) yang dimulai pukul 15.30 WIB di aula KPKNL Tegal.
Kegiatan tersebut adalah pelatihan service excellent yang diikuti oleh
seluruh pejabat dan pegawai baik ASN maupun non ASN. Pemateri dari tim PT. Bank
Syariah Indonesia (BSI) Tbk. Cabang Tegal. Sebagai pemateri utama Fuad
Firmanjaya, Branch Operations and Service Manager BSI Tegal KS. Tubun.
“Kegiatan ini diharapkan dapat menambah dan meng-upgrade wawasan
seluruh punggawa KPKNL Tegal terkait pelayanan prima kepada stakehorders,”
kata Dwi Hariyanto selaku Kepala KPKNL KPKNL Tegal dalam sambutannya.
Materi yang disampaikan terkait bagaimana dan apa saja yang bisa
dilakukan untuk menciptakan service excellent atau pelayanan yang
memuaskan dan berintegritas kepada pengguna jasa. Service Excellent adalah
kepedulian kepada pelanggan untuk membahagiakan orang lain dengan menyelaraskan
sikap, perhatian, tanggung jawab dengan penuh integritas untuk mewujudkan
kepuasan pelanggan.
Service Excellent adalah tanggung jawab semua elemen di sebuah
unit kerja, dari level bawah hingga level manajemen teratas. Pelayanan terbaik
adalah apabila pengguna jasa merasakan kepuasan yang melebihi ekspektasi.
Komponen penting pelayanan prima yang berintegritas adalah penampilan,
sikap, dan skill. Penampilan adalah kesan pertama yang akan
ditangkap oleh pengguna jasa, selanjutnya sikap yang baik dari gesture tubuh
maupun cara berbicara. Hal yang tidak kalah penting adalah skill yang
harus dimiliki yaitu penguasaaan bidang pekerjaan, solutif, memahami ketentuan
serta sigap dan cekatan.
Selain pemaparan materi, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan
praktek secara langsung untuk mengaplikasikan teori yang disampaikan. Dengan
pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan KPKNL Tegal.
Pelayanan yang baik dan memuaskan adalah hal yang tak terpisahkan dari predikat
WBK/WBBM yang telah melekat pada KPKNL Tegal. (Penulis: Sri Supangati)