Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tasikmalaya > Berita
Goes To Campus Kanwil DJKN Jawa Barat Dan KPKNL Tasikmalaya Di Politeknik Kelautan Perikanan Pangandaran
Moch. Encep Iqbal Firdaus Ts
Kamis, 31 Agustus 2023   |   28 kali

Pangandaran — Goes to Campus merupakan salah satu strategi peningkatan edukasi dan pembinaan publik mengenai peran suatu organisasi. 

Direktorat Jederal Kekayaan Negara (DJKN) sebagai salah satu unit eselon I Kementerian Keuangan terus berupaya menyebarluaskan eksistensinya untuk lebih dikenal di masyarakat khususnya kalangan pelajar/ mahasiswa, pada hari Kamis tanggal 31 Agustus 2023, Tavianto Nugroho Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat dan jajarannya berkolaborasi dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tasikmalaya menyelenggarakan kegiatan DJKN Goes to Campus di Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran. Kegiatan DJKN Goes to Campus dilaksanakan untuk meningkatkan publikasi tugas dan fungsi DJKN dalam pengelolaan kekayaan negara dan lelang kepada masyarakat umum khususnya mahasiswa pada kampus tersebut.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari perayaan 115 tahun lelang Indonesia untuk semakin menyebarluaskan mekanisme jalannya lelang, tata cara transaksi melalui lelang, baik lelang konvensional maupun lelang online melalui aplikasi lelang.go.id serta waspada penipuan lelang. DJKN Goes to Campus bertujuan untuk memperluas informasi mengenai peran DJKN, kegiatan ini diharapkan memupuk rasa bangga memiliki dan menumbuhkan minat mahasiswa untuk ikut berperan dalam proses pengelolaan keuangan dan kekayaan negara khususnya Barang Milik Negara (BMN).

Di samping itu, kegiatan tersebut juga diarahkan untuk menciptakan awareness di kalangan mahasiswa mengenai keberadaan lelang.go.id sebagai situs resmi lelang pemerintah dan diharapkan dapat menangkal potensi penipuan dan mendorong civitas akademika khususnya di lingkungan Politeknik KPP untuk aktif melakukan transaksi melalui lelang baik sebagai penjual maupun pembeli.

Agenda utama dalam acara DJKN Goes to Campus yaitu seminar pengetahuan kekayaan negara dan lelang serta dilakukan simulasi pelaksanaan lelang. Pada seminar tersebut, Tavianto Nugroho Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat didampingi David Indra Widianto selaku Moderator dari Poltek Kelautan dan Perikanan Pangandaran menyampaikan paparan pengenalan DJKN sebagai salah satu unit eselon I di bawah Kementerian Keuangan.

Tugas dan fungsi DJKN meliputi Pengelolaan Kekayaan Negara (Barang Milik Negara dan Piutang Negara), pelayanan lelang dan pelayanan penilaian. Selanjutnya dilakukan juga edukasi mengenai lelang dengan materi berupa mekanisme, prosedur, dan syarat mengikuti lelang sebagai peserta dan pemohon pada aplikasi lelang go id sebagai satu-satunya situs lelang terpercaya milik pemerintah yang dikelola DJKN dan penyelenggaraannya dilaksanakan oleh KPKNL

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan lelang sukarela oleh Pejabat Lelang dari KPKNL Tasikmalaya. Obyek lelang sebanyak 5 (lima) barang berupa: Sepeda MTB Merk Polygon, Tas Ransel Backpack Merk Eiger, Rice Cooker Merk Miyako, HDD Eksternal 1 Terabyte Merk Seagate dan Helm Half Face Merk KYT yang diikuti dengan antusias oleh peserta acara Goes To Campus. Adapun syarat untuk mengikuti lelang tersebut peserta diwajibkan membayar Uang Jaminan Lelang sebesar Rp.10.000,- (sepuluh ribu rupiah).

Pada akhir acara, sebagai bentuk apresiasi atas antusiasmepara peserta Goes To Campus mengikuti kegiatan tersebut, Tavianto Nugroho Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat memberikan kejutan berupa membebaskan para pemenang lelang atas kewajiban pelunasan harga lelang.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Tasikmalaya - 46125
(0265) 342636 ; 342637
(0265) 342638
kpknltasikmalaya@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini