Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tasikmalaya > Berita
Memasyarakatkan Lelang melalui Lelang Serentak Barang Sitaan Pajak
Moch. Encep Iqbal Firdaus Ts
Selasa, 22 Agustus 2023   |   37 kali

Senin, 21 Agustus 2023. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tasikmalaya, bersama KPKNL di wilayah kerja Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Barat, telah melaksanakan lelang Serentak atas Barang Sitaan dalam Rangka Penagihan Pajak dan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Kegiatan yang memiliki tagline “Lelang Eksekusi Pajak, Jabar Ngahiji” ini merupakan salah satu bentuk Kolaborasi Kemenkeu One antara Kanwil DJKN Jawa Barat dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat I, II, dan III. Acara lelang serentak dilaksanakan secara hybrid menggunakan Zoom, dihadiri Perwakilan Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Ibu Laesintje Wilar selaku Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Jawa Barat. Dalam sambutannya ia menyampaikan kegiatan lelang serentak ini sebagai perwujudan sinergi yang sangat baik antara unit-unit di Kementerian Keuangan dan sesuai dengan amanah Menteri Keuangan Sri Mulyani yang selalu menyampaikan Kemenkeu Satu Kemenkeu Terpercaya. 


Adapula Harry Gumelar, KaKanwil DJP Jawa Barat II beserta jajarannya. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan lelang sebagai tindakan dalam rangkaian penagihan pajak ketika wajib pajak mampu namun tidak mau membayar pajak untuk memberikan efek jera maka terhadap aset wajib pajak akan dilaksanakan lelang.  “Lelang Serentak ini dilaksanakan oleh 3 Kanwil DJP Jawa Barat. Jawa Barat I Sebanyak 11 Lot, II 13 Lot, III 25 Lot. Dengan total nilai limit Rp.8,26 M” ungkapnya. 


Dalam perpajakan, lelang merupakan salah satu bagian paling ujung dari upaya penagihan pajak. Pelelangan barang sitaan merupakan bagian dari law enforcement dalam rangka menyelamatkan penerimaan negara. Adapun acara ini diselenggarakan secara live melalui daring zoom meeting, kegiatan yang bersifat seremonial ditayangkan dari KPP Pratama Cikarang Utara, sedangkan perwakilan kuasa penjual dan pelelang berada di ruang e-auction KPKNL penyelenggara termasuk KPKNL Tasikmalaya mengikuti rangkaian acara daring dari Gedung KPKNL Tasikmalaya.


Pelelang KPKNL Tasikmalaya sendiri melelang barang sitaan pajak dari KPP Pratama Tasikmalaya 2 (dua) unit Kendaraan Roda Dua dan KPP Pratama Ciamis 1 Unit Kendaraan Roda Empat Pick Up. Hasilnya 2 (dua) unit kendaraan roda dua KPP Pratama Tasikmalaya laku terjual sedangkan Kendaraan Roda Empat - Pick Up TAP (Tidak Ada Penawaran)  yang selanjutnya akan dievaluasi ulang nilai limitnya untuk segera diajukan kembali permohonan lelangnya. Diharapkan kegiatan ini masyarakat lebih mengenal lelang Kemenkeu pada DJKN-KPKNL dan mampu memberikan deterrence effect (efek jera) bagi para penunggak pajak. Iqbal Firdaus

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Tasikmalaya - 46125
(0265) 342636 ; 342637
(0265) 342638
kpknltasikmalaya@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini