Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kegiatan Survey Lapangan Pada Satuan Kerja Politeknik Kelautan Dan Perikanan Pangandaran
Heru Widiyanto
Jum'at, 29 Oktober 2021   |   147 kali

(Pangandaran) Dalam rangka mengetahui besaran manfaat dan dampak ekonomi dan sosial dari keberadaan BMN terhadap Pemerintah Kabupaten Pangandaran dan masyarakat sekitar, sesuai penugasan Kepala KPKNL Tasikmalaya, Tim Penilai melaksanakan survey lapangan pada satuan kerja Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran pada tanggal 22 sd 23 Oktober 2021. Dalam survei lapangan dimaksud dilakukan peninjauan lapangan atas BMN yang disewakaan serta dilakukan wawancara terhadap para pemangku kepentingan(stakeholders). Tim Penilai menggunakan pendekatan kuantitatif, pendekatan kualitatif, dan dengan menggunakan metode Input Output dalam melaksanakan analisis manfaat dan dampak ekonomi sosial atas BMN yang akan di sewakan.

Tim Penilai melaksanakan identifikasi objek yang memiliki potensi nilai ekonomi yang tinggi pada satker Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran berupa tanah dan bangunan serta fasilitas yang berada di atasnya terletak di Jalan Raya Babakan Km. 2 Pangandaran, Jawa Barat. Pada saat survey, sebagian aset berupa tanah dimanfaatkan untuk usaha tambak udang Vaname, seluas 3.000 muntuk Modul 1 dan seluas 15.000 muntuk Modul 2 yang berjarak 300 meter dan 800 meter dari Gedung Rektorat Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran. Kondisi kolam berupa kolam tambak aktif yang dikelola oleh Koperasi.

Kegiatan wawancara dengan Kepala Sub Bagian Umum, David Indra Widianto mewakili pihak pengguna barang. Selain dengan Pengguna Barang, Tim juga melakukan wawancara dengan Sekretaris Desa Babakan, M Nurhidayat untuk mengetahui seberapa besar dampak keberadaan Politeknik untuk masyarakat sekitar. Pada hari berikutnya, Tim melakukan wawancara dengan pihak Koperasi Mina Marlin, Endri Yanto selaku Ketua Koperasi dan Riza selaku Administrator Koperasi. Koperasi Mina Marlin merupakan pihak yang menyewa tanah satker Politeknik seluas kurang lebih 18.000 m2 dalam waktu 3 tahun.

Setelah melaksanakan survey ke lapangan dan mengumpulkan  data yang dibutuhkan, Tim Penilai melakukan analisis. Tim Penilai menggunakan metode deskriptif kualitatif, metode input-output, dan metode deskriptif kuantitatif untuk melihat manfaat dan dampak ekonomi social atas sewa tanah BMN tersebut.

Dari hasil analisis dengan menggunakan beberapa metode di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pemanfaatantanah BMN dimaksud sangat berdampak secara langsung kepada masyarakat sekitar baik dari sisi ekonomi maupun sosial. Analisis manfaat ekonomi menggunakan pendekatan kuantitatif dan dampak ekonomi menggunakan metode inputouput. Sedangkan untuk manfaat dan dampak sosial mengggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi lapangan dan wawancara. Adapun manfaat dan dampak ekonomi social atas pemanfaatan  tanah dan bangunan BMN tersebut adalah sebagai berikut:

1.   Pemanfaatan BMN Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran tersebut memberikan manfaat ekonomi bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pangandaran. Manfaat ekonomi yang dapat diperoleh antara lain berupa penyerapan tenaga kerja, dan pendapatan yang diterima Pemerintah Pusat.

 

2.   Manfaat sosial atas berdirinya Tambak Budidaya Udang Vaname adalah sebagai berikut :

a.   Peningkatan kesejahteraan anggota Koperasi Jasa Mina Marlin melalui mekanisme bagi SHU (Sisa hasil Usaha).

b.   Sebagai tempat praktek secara langsung para taruna (mahasiswa) Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran.

c.   Terdapat transfer ilmu antara pengelola tambak dengan masyarakat sekitar mengenai cara pengelolaan dan budidaya udang.

3.   Dampak sosial atas berdirinya Tambak Budidaya Udang Vaname adalah sebagai berikut :

a.   Membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar Tambak Budidaya Udang Vaname;

b.   Masyarakat sekitar yang memiliki usaha tambak dapat menerapkan ilmu baru mengenai pengelolaan tambak budidaya udang Vaname.

 

 (Penulis : Tonny Wibowo Susanto –Humas KPKNL Tasikmalaya) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini