Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Tasikmalaya
Berita DJKN

Pengrajin UMKM Kulit dan Batik Khas Garut Ramaikan Kedai Lelang UMKM KPKNL Tasikmalaya

Sabtu, 17 Juli 2021   |   26 kali

Jumat(16-07-2021), Kegiatan Kedai Lelang UMKM KPKNL Tasikmalaya yang mengusung tema "Jumat Merakyat di Kedai Lelang UMKM" kembali dilaksanakan untuk yang ketujuh kalinya. Pada lelang yang digelar hari Jumat, 16 Juli 2021 ini.Dan pada lelang kali ini, kami menghadirkan produk UMKM khas dari wilayah Kabupaten Garut.

Kabupaten Garut adalah kabupaten yang terkenal dengan produk-produk hasil olahan kulitnya yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Sebut saja Jaket kulit garut, yang bahkan pemasarannya tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga sudah menjangkau pasaran di luar negeri. Pun juga dengan Tas dan produk-produk kulit lainnya. Kualitas kulit selain yang terbaik, juga jahitan yang kuat dan rapi, dengan model dan warna yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi peminat produk-produk lokal berkualitas. Dan pada lelang kali ini, kami menggandeng pelaku UMKM APY Collection yang berlokasi di Jalan Otista, Tarogong, Kab. Garut,

Selain produk kulit, produk batik khas garutan juga menjadi salah satu motif batik favorit dan kekinian yang semakin digandrungi masyarakat karena memiliki motif yang sederhana dengan kombinasi warna yang menarik. Batik garut yang kami lelang merupakan hasil karya UMKM RM Garutan yang berlokasi di Jalan Papandayan No. 54, Garut. Produk-produk Batik RM Garutan ini bahkan sudah menembus pasar internasional dan sudah beberapa kali ikut berpartisipasi dalam pameran batik di beberapa negara, mewakili Indonesia sebagai negara dengan segudang produk batik.

Pada wawancara langsung yang kami laksanakan saat melakukan kunjungan ke APY Collection, pemilik UMKM yang bergerak di bidang fashion berbahan kulit ini menyampaikan bahwa masa pandemi Covid 19 ini adalah masa yang paling sulit dalam mengelola usahanya, untuk tetap bisa bertahan dan menghasilkan pundi-pundi untuk menopang usahanya dan karyawan-karyawannya. Omset yang dihasilkan menurun drastis dibanding sebelum pandemi, sementara kebutuhan dan biaya sewa tempat usaha tidak berkurang, justru semakin bertambah. Berbagai usaha sudah dilakukan, seperti mencoba beralih ke pemasaran produksi secara online, tetapi masih belum dapat memaksimalkan penjualan produk-produknya.

Hal ini juga dirasakan oleh Pemilik UMKM Batik RM Garutan yang menceritakan bagaimana usahanya yang semula ramai dikunjungi pelanggan, banyaknya pesanan-pesanan batik untuk seragaman baik seragam kantor atau seragam pernikahan, sekarang di masa pandemi ini sudah sangat berkurang. Bahkan dampak bagi usahanya juga berdampak pada karyawan-karyawannya yang sebagian besar dirumahkan, tinggal bersisa 20 karyawan saja, dengan pesanan yang terbatas.

Kedatangan KPKNL Tasikmalaya dalam rangka mengajak pelaku UMKM tersebut untuk memasarkan produk-produk mereka melalui lelang disambut dengan antusias tinggi dan menjadi harapan baru bagi APY Collection dan Batik RM Garutan agar produk-produknya dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas, dan dapat meningkatkan omset penjualan mereka. Kegiatan Kedai Lelang UMKM pada hari Jumat, 16 Juli 2021 juga diliput secara langsung oleh Radio Bellasalam. Pada liputannya bersama dengan Kepala KPKNL Tasikmalaya, Laesintje Wilar dan Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Y. Tri Astuti, mereka menyaksikan secara langsung proses pelaksanaan lelangnya dan juga menggali informasi lebih detail atas program kedai lelang UMKM yang dilaksanakan oleh KPKNL Tasikmalaya.

Selanjutnya, pada lelang yang telah kami laksanakan kali ini, produk yang kami lelang berjumlah 33 produk yang dijual dalam 19 lot dan dari jumlah tersebut sebanyak 14 lot laku terjual dengan pokok lelang sebesar Rp5.705.555,00. Pembeli lelang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, yaitu Kudus, Pontianak, Bekasi, Bogor, dan Tasikmalaya.

Sebagai Informasi, kegiatan Kedai Lelang UMKM KPKNL Tasikmalaya dilaksanakan setiap hari Jumat, 2 minggu sekali, dan untuk lelang selanjutnya yaitu pada hari Jumat tanggal 06 Agustus 2021, kami menggandeng produk UMKM lain yaitu Mukena Bordir Khas Tasikmalaya dan produk makanan ringan khas KPKNL Tasikmalaya. Semoga pada lelang selanjutnya, Kedai Lelang UMKM Tasikmalaya dapat menggaet pasar lelang yang lebih luas lagi.

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Tasikmalaya - 46125
(0265) 342637
(0265) 342638
kpknltasikmalaya@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |