Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Galang Semangat Pagi bagian dari Perubahan Pola Pikir Pada KPKNL Tasikmalaya
Hadiwijaya
Jum'at, 29 Oktober 2021   |   233 kali

Pola pikir adalah sekumpulan keyakinan yang membentuk atau membangun cara berpikir memahami dunia dan dirisendiri. Menurut Psikolog Carol Dweck, dalam bukunya Mindset The New Psycology of Success” menyatakan bahwa keyakinan manusia memainkan peran penting pada apa yang diinginkan dan dengan apa dapat mencapainya. Pola pikir merupakan suatu budaya (Culture) yang terbentuk dari kecil hingga dewasa terhadap seorang manusia dan membentuk perilaku hubungan sosial maupun hubungan organisasi.

Kementerian Keuangan melalui  Keputusan Kementerian Keuangan Nomor 127/KMK.01/2013 telah menetapkan budaya kerja organisasi yaitu satu hari satu informasi, dua menit sebelum jadwal, tiga salam setiap hari, rencanakan kerjakan monitor dan tindak lanjuti serta ringkas, rapi, resik, rawat, rajin.

Sejalan dengan semangat Reformasi Birokrasi yang pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan rnendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur, seluruh pegawai Kementerian Keuangan diharapkan mampu menginternalisasi dan budaya kerja Kementerian Keuangan dalam melaksanakan pekerjaan. Internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan dan budaya kerja Kementerian Keuangan akan mengantarkan para pegawai menjadi pribadi yang bernilai dan akan menghasilkan kinerja yang bernilai.

Untuk mengimplementasikan budaya kerja Kementerian Keuangan dan merubah pola pikir Sumber Daya Manusia,  mulai bulan Januari tahun 2019, KPKNL Tasikmalaya melaksanakan Galang Semangat Pagi. Galang Semangat Pagi ini merupakan kegiatan berkumpulnya para pegawai KPKNL Tasikmalaya setiap pagi sebelum melaksanakan kegiatan pelayanan yang diikuti oleh seluruh pegawai baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).

Adapun kegiatan Galang Semangat Pagi atau disingkat dengan GSP dilaksanakan setiap hari Senin sampai dengan hari Kamis bertempat di halaman parkir KPKNL Tasikmalaya dan sejak pandemic Covid-19 dilakukan secara daring/online melalui media Zoom Cloud MeetingsDalam pelaksanaan GSP ini, satu orang pegawai bertugas sebagai pembawa 1 hari 1 informasi, 1 orang bertugas membacakan Nilai Nilai Kementerian Keuangan, 1 orang petugas membacakan budaya Kementerian Keuangan, 1 orang petugas membacakan 10 perilaku utama Kementerian Keuangan dan 1 orang petugas membacakan maklumat pelayanan. Para petugas tersebut ditunjuk secara bergantian dan ditetapkan dalam jadwal petugas GSP setiap bulannya.

Dalam pelaksanaan GSP ini, diisi dengan 1 hari 1 informasi, 1 orang bertugas membacakan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan, membacakan budaya kementerian keuangan, membacakan 10 perilaku utama kementerian keuangan dan membacakan Maklumat Pelayanan. 

Disamping itu, dalam kegiatan GSP ini juga terdapat penyampaian informasi yang disampaikan oleh pegawai mengingat informasi tersebut harus segera diketahui oleh pegawai KPKNL Tasikmalaya. Selanjutnya acara GSP dilanjutkan dengan pengarahan Kepala KPKNL Tasikmalaya.

Dalam rangka mengimplementasikan pengarustamaan gender (PUG) di KPKNL Tasikmalaya dalam acara GSP ini juga dilakukan tepuk PUG yang dipimpin oleh Duta PUG KPKNL Tasikmalaya selain itu juga dilakukan tepuk Semangat untuk membangkitkan semangat seluruh pegawai sebelum melaksanakan tugas di hari itu.

Secara umum dengan dilaksanakannya GSP pada KPKNL Tasikmalaya dapat memberikan manfaat dan tentunya merubah pola pikir pegawai KPKNL Tasikmalaya sebagai berikut: 

a      a.   Meningkatkan Disipilin Pegawai

Dengan adanya kegiatan GSP, pegawai KPKNL Tasikmalaya akan hadir tepat waktu sebelum jam pelayanan dimulai. 

 b.   Meningkatkan komitmen

Pembacaan nilai-nilai Kementerian Keuangan, 10 Perilaku Utama Kementerian Keuangan, Budaya Kerja Kementerian Keuangan dan Maklumat Pelayanan, memberikan doktrin yang positif bagi pegawai Kementerian Keuangan tentang perilaku yang sesuai dengan kepentingan organisasi.

 c.   Sarana Komunikasi Organisasi

Arahan Kepala KPKNL serta informasi yang disampaikan dalam GSP merupakan sarana komunikasi pimpinan dan sekaligus pemberian motivasi terhadap pencapaian kinerja yang ditetapkan organisasi, sehingga perintah tidak hanya dilakukan dalam rapat maupun dalam disposisi naskah dinas.

 d.   Wadah Sinergi dan Silaturahmi

GSP merupakan wadah silaturahmi pegawai KPKNL Tasikmalaya dalam berinteraksi serta bersinergi dalam mencapai tujuan organisasi. GSP juga merupakan satu sarana untuk membatasi silo-silo antar seksi dan Subbagian pada KPKNL Tasikmalaya. GSP menjadikan para pegawai KPKNL Tasikmalaya laksana satu bagian dari satu tubuh manusia. Apabila satu tujuan satu seksi tidak tercapai maka akan dirasakan oleh seksi/subbag umum dan bahu-membahu untuk mencapai tujuan organisasi.

Tiga tahun berlalu, pada tahun 2021 GSP tetap dilaksanakan dengan konsisten. Jadwal GSP dibuat setiap bulannya.  Semangat Pagi..!, Pagi..! Pagi..! pekikan GSP merontokan rasa malas yang ada di hati para Pegawai KPKNL Tasikmalaya.

 "Agar perubahan benar-benar bernilai, perubahan itu harus bertahan lama dan konsisten." - Anthony Robbins

 Sumber :    Carol Dweck, Mindset: The New Psychology of Success, Ballantine Books, 2007

 (Penulis : Irfan Nugraha, Kasubbag Umum -Tim Humas KPKNL Tasikmalaya)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini