Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang I > Kilas Peristiwa
Simulasi dan Pelatihan Pemadaman Kebakaran pada KPKNL Tangerang I
Apit Rina Wahidah
Kamis, 19 April 2018   |   185 kali

Tangerang (11/04/2018) - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL)  Tangerang I mengadakan kegiatan simulasi pemadaman kebakaran bagi pegawai, Rabu (11/4/2018). Kegiatan bertempat di halaman samping KPKNL Tangerang I ini diikuti anggota Satuan Pengamanan, Office Boy dan para pegawai On the Job Training (OJT).

Tujuannya antara lain sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada stakeholders agar sigap dalam menangani bahaya kebakaran yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Fredy dari CV. Dunia Baru yang merupakan instruktur berpengalaman di bidang pemadaman kebakaran menjadi simulator dalam kegiatan ini.

Para peserta simulasi diberikan pengertian tentang jenis-jenis kebakaran dan cara pemadamannya. Kepala Sub Bagian Umum KPKNL Tangerang I, Dadi Rosadi meminta kepada seluruh peserta untuk serius mengikuti arahan dari instruktur dan mempraktekkan secara langsung cara melakukan pemadaman kebakaran yang benar. Menurut Dadi, simulasi pemadaman kebakaran ini sebagai tindakan pencegahan apabila terjadi kebakaran dan memberikan perasaan aman kepada mitra kerja (stakeholders) KPKNL Tangerang I.

Seluruh peserta simulasi menyambut antusias pelaksanaan kegiatan hari itu, terlihat dari keikutsertaan beberapa peserta yang mencoba langsung Alat Pemadam Api Ringan (APAR). APAR yang digunakan pada simulasi ini adalah APAR jenis drychemical powder regular dan Gas CO2 (Carbon Dioxide). Selain itu juga menggunakan karung goni basah, sehingga apabila terjadi risiko kebakaran, KPKNL Tangerang I siap melakukan tindakan pencegahan agar dapat meminimalisir kerugian dari kebakaran tersebut. Simulasi pemadaman kebakaran sangat penting bagi KPKNL Tangerang I, sehingga akan diadakan rutin setiap tahun.

Kepala KPKNL Tangerang I, Mas Agus Subakti menegaskan bahwa, "Simulasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait pemadam kebakaran dan bagaimana penggunaannya, serta diharapkan mampu membentuk tim tanggap darurat pemadam kebakaran di KPKNL Tangerang I,” pungkas Mas Agus Subakti sekaligus menutup acara.

(Foto/Teks: Seksi HI KPKNL Tangerang I)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini