Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang I > Berita
Penilai DJKN Mutlak Tingkatkan Penguasaan Kompetensi Teknis dan Non Teknis
N/a
Jum'at, 01 April 2016   |   1179 kali

Tangerang - Kamis (31/3),  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang menerima kunjungan 20 orang peserta Diklat Penyegaran Penilaian Properti Lanjutan Angkatan I Tahun 2016. Rombongan dipimpin Yansen Samosir dari  Seksi Penyelenggaraan Diklat Pusdiklat Kekayaan Negara Perimbangan Keuangan  dan Mochamad Fuad Hasan serta I Wayan Mardhana dari Direktorat Penilaian DJKN.

Rombongan disambut Sugiyanti, Plh. Kepala KPKNL Tangerang didampingi Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Risma Br. Sinaga. Kunjungan ini  dalam rangka Praktik Kerja Lapangan (PKL)  memenuhi salah satu syarat mata kuliah yang harus diikuti sesuai dalam kurikulum diklat. Kegiatan diisi dengan menelusuri data terkait penilaian properti untuk kepentingan pemanfaatan dan nilai neraca Barang Milik Negara.

Peserta terlebih dahulu diberikan pembekalan  Kepala Seksi Penilaian, Risma Br. Sinaga sebelum menuju lokasi objek penilaian. Pada kesempatan itu, Risma menyampaikan tantangan penilai DJKN. “Dengan semakin besar dan beragamnya aset yang ditangani, Penilai DJKN dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitas dan kompetensi baik secara teknis melalui penguasaan teori dan aturan penilaian, maupun kompetensi non teknis saat melakukan tugas di lapangan. Inilah manfaat kegiatan PKL yang akan kita lakukan,” tutur Risma.

Dalam kegiatan ini, peserta dibagi menjadi 4 tim di mana masing-masing tim melakukan tugas yang berbeda yaitu : penilaian pemanfaatan sewa di kantin Lapas Pria Kelas I Tangerang, penilaian pemanfaatan sewa tanah seluas 5.000 m2 milik Lapas Pria Kelas I Tangerang, penilaian pemanfaatan sewa 5 unit kantin pada Polres Metro Tangerang, dan penilaian objek stasiun Pengisian Bahan Bakar Polri (SPBP) di Polres Metro Tangerang.

Dengan penuh semangat dan antusias seluruh peserta segera menuju lokasi sesuai dengan tugas masing-masing Tim dengan didampingi oleh perwakilan Pusdiklat KNPK, Direktorat Penilaian dan KPKNL Tangerang serta petugas satker terkait.  Setelah semua data diperoleh,  masing-masing Tim melanjutkan kegiatan untuk mencari data pembanding di sekitar objek penilaian. Meski cuaca hari itu cukup terik, namun hal tersebut tidak mematahkan semangat para Penilai Internal DJKN ini hingga ahirnya semua tim memperoleh data pembanding sesuai dengan yang dibutuhkan. Data-data tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan penyusunan laporan penilaian, yang akan diselesaikan di Kampus Pusdiklat KNPK.

Sebelum rombongan meninggalkan KPKNL Tangerang, Risma Br. Sinaga menutup acara hari itu pada pukul 14.00 WIB. “Mari kita bersyukur rangkaian kegiatan PKL hari ini telah berjalan lancar. Semoga penilai DJKN semakin jaya! “ pungkas Risma. (Teks/Foto : A. Rina Wahidah/Seksi HI)-y

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini