Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Simulasi Penanganan Bencana Gempa Bumi di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tangerang I
Ika Resti Hastari
Kamis, 30 November 2023   |   108 kali

Banten – Bencana gempa bumi merupakan bencana alam yang bisa datang tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi oleh umat manusia. Banyaknya resiko dan korban yang ditimbulkan akibat bencana gempa bumi salah satunya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang bencana tersebut dan bagaimana kesiapsiagaan dalam menghadapinya. Oleh karena itu, KPKNL Tangerang I melaksanakan sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana gempa bumi di lingkungan kantor pada Rabu 29/11/23.

Simulasi yang dilakukan bertujuan untuk menghindari atau memperkecil resiko yang menimbulkan kerugian materil dan korban jiwa. Kepala KPKNL Tangerang I, Ririen Fransiska mengatakan, simulasi yang dilakukan merupakan bagian dari rangkaian antisipasi terjadinya bencana alam di Banten.

Dalam kegiatan ini, dilakukan simulasi apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana gempa bumi. Lantas apa saja yang harus dilakukan jika terjadi gempa bumi? Berikut tipsnya:

·         Tetap tenang dan jangan panik;

·         Jika berada di gedung bertingkat, jangan gunakan lift, tapi gunakan tangga darurat;

·         Jika sedang menyalakan kompor segera matikan;

·         Berlindunglah di bawah meja yang kokoh agar terhindar dari benda-benda yang jatuh;

·         Hindari pembatas kaca, jendela, lemari dan barang-barang yang belum diamankan;

·         Carilah lapangan atau titik kumpul agar terhindar dari bangunan yang runtuh.


Simulasi bencana ini disimulasikan gempa bumi berkekuatan 7 (tujuh) Magnitudo yang dapat mengakitbatkan dampak kerusakan bangunan sehingga para pegawai tidak bias kembali ke dalam gedung kantor. Setiap lantai gedung terdapat Kapten dan co-Kapten yang akan mengawasi dan mengarahkan apa yang harus dilakukan para pegawai jika terjadi gempa bumi.

Secara geografis negara kita merupakan negara yang cukup rawan terjadi gempa bumi. Dengan mensimulasikan penanganan bencana dengan cepat dan akurat, kita akan selalu siap jika terjadi bencana kapanpun dan dimanapun.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini