KPKNL Tangerang I
Berita DJKN

Adakan Simulasi Tanggap Darurat Kebakaran, KPKNL Tangerang I Gandeng Dinas Pemadam Kebakaran BPBD Kota Tangerang

Jum'at, 15 November 2019   |   25 kali

Tangerang- Jumat (15/11) Guna meningkatkan kesadaran, kesigapan, dan kecakapan dalam menghadapi bencana kebakaran, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang  (KPKNL) Tangerang I mengadakan simulasi tanggap darurat kebakaran dipandu Dinas Pemadam Kebakaran BPBD Kota Tangerang, serta turut mengundang seluruh pegawai dari KPKNL Tangerang II. Kegiatan yang diselenggarakan di lapangan parkir selatan KPKNL Tangerang I pada hari Jumat, 15 November 2019, diharapkan mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan dasar penanggulangan keadaan darurat bencana kebakaran bagi seluruh pegawai KPKNL Tangerang I, sehingga dimanapun dan kapanpun bencana kebakaran  terjadi dapat dengan cepat ditanggulangi untuk meminimalisir kerugian baik jiwa maupun materil.

Materi pengetahuan dasar tanggap bencana kebakaran disampaikan oleh Aziz Hamzah S. IP dan Sahrul Romdoni dari Dinas Pemadam Kebakaran BPBD Kota Tangerang . Aziz Hamzah menjelaskan mengenai bahaya dan pemicu kebakaran dapat terjadi. Ada 3 (tiga) unsur yang menjadi komponen terbentuknya  api atau biasa disebut segitiga api, yaitu: material mudah terbakar, panas, dan oksigen. Untuk melakukan pemadaman api diperlukan  pemutusan salah satu komponen dari segitiga api tersebut. Sahrul Romdoni menambahkan penjelasan mengenai bahan-bahan pemadam api yang digunakan sesuai dengan penyebab kebakaran terjadi. Pengetahuan dasar tentang api dan kebakaran diberikan guna memahami cara mengantisipasi bahaya kebakaran dan cara memadamkan api secara tepat.  Setelah pengetahuan dasar mengenai api dan kebakaran diberikan, selanjutnya dilakukan simulasi bagaimana cara memadamkan kebakaran pada kebocoran tabung gas rumah tangga menggunakan tangan kosong, pemadaman api secara tradisional dengan menggunakan karung goni, serta pemadaman api dengan alat pemadam api modern dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) berbahan dry powder dan CO2 .

Pada akhir kegiatan pegawai KPKNL Tangerang I dan II diberikan kesempatan untuk mempraktikan cara pemadaman api secara langsung, sekaligus mengaplikasikan teori yang telah diberikan. Para pegawai sangat antusias dan bersemangat untuk mencoba melakukan pemadaman api secara bergantian, namun ada juga pegawai yang masih takut dan khawatir dalam memadamkan api. Satu per satu  pegawai secara bergantian mencoba memadamkan api menggunakan tangan kosong, karung goni, dan APAR. Ada yang tanpa kesulitan langsung dapat memadamkan api dan ada pula yang baru dapat memadamkan api melalui beberapa kali percobaan. Setelah mendapatkan pengetahuan dan melakukan pemadaman api secara langsung diharapkan seluruh pegawai dapat dengan sigap dan tepat menghadapi situasi tanggap darurat kebakaran saat terjadi.

Api saja dapat kami padamkan, aset Negara sudah pasti dapat kami optimalkan. KPKNL Tangerang I siap mejadi distinguished asset manager. Salam TEKAD !

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Taman Makam Pahlawan (T.M.P.) Taruna - Kota Tangerang 15111
(021) 55794272
(021) 55794017
kpknl.tangerang1@kemenkeu.go.id