KPKNL Tangerang I
Berita DJKN

CANTIK DENGAN SELASA BERKEBAYA

Jum'at, 08 November 2019   |   24 kali

Tangerang - Seluruh pegawai perempuan di KPKNL Tangerang I kini menggunakan kebaya pada hari Selasa pertama setiap bulannya.

#SelasaBerkebaya di Lingkungan Kementerian Keuangan terinspirasi dari gerakan "Selasa Berkebaya" dan "Indonesia Berkebaya" yang dipelopori oleh Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia. Gerakan "Indonesia Berkebaya" digalakkan agar perempuan Indonesia khususnya perempuan milineal lebih memahami dan mencintai budaya Indonesia.

Gerakan berkebaya bagi pegawai perempuan di lingkungan Kementerian Keuangan juga merupakan salah satu implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG). Inspektur Jenderal (IrJen), Sumiyati, mengatakan bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani menyambut baik gerakan mengenakan busana kebaya, yang merupakan salah satu identitas bangsa Indonesia. Gerakan berkebaya ini akan dilaksanakan setiap hari selasa pertama setiap bulan.

Atasan yang biasa dipadupadankan dengan kain atau songket ini diserap dari kata "caba" atau "kabaai" yang berasal dari Arab. Artinya pakaian atau atasan yang menutupi tubuh. Kebaya merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia yang secara filosofis bermakna kesederhanaan, kepatuhan, dan perilaku perempuan yang lemah lembut. Budaya berkebaya sudah lama ada dengan bermacam warisan kain Indonesia yang bertebaran dari berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke.

Kebaya dinilai menunjukkan karakter budaya Indonesia yang selalu mengedepankan kesopanan berpakaian. Balutan kebaya yang indah menunjukkan ciri khas kepribadian wanita Indonesia yang anggun dan mempesona. Terdapat banyak jenis kebaya yang ada di Indonesia. Seperti; kebaya kutubaru, kebaya Jawa, kebaya encim, kebaya Bali, hingga kebaya gaun modern.

#SelasaBerkebaya minggu ini diwarnai oleh beragam model padu padan kebaya. Salah satunya, kebaya brokat modern dengan perpaduan kain ulos yang dikenakan oleh salah satu pegawai KPKNL Tangerang I berhasil memberikan tampilan klasik, cantik, dan berkelas khas wanita Indonesia.

Ikut #SelasaBerkebaya yuk!

Kontak
Jalan Taman Makam Pahlawan (T.M.P.) Taruna - Kota Tangerang 15111
(021) 55794272
(021) 55794017
kpknl.tangerang1@kemenkeu.go.id