KPKNL Tangerang I
Berita DJKN

Peringati Hari Kartini, KPKNL Tangerang I Adakan Pemeriksaan Pap Smear dan Mata Gratis

Selasa, 23 April 2019   |   152 kali

Tangerang – Setelah sukses mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis sebelumnya, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang I kembali menggelar event pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan Kimia Farma pada Senin, (22/4) di ruang aula KPKNL Tangerang I.

Event kali ini  diadakan dalam rangka memperingati Hari Kartini dan sangat special karena didukung juga oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam pemeriksaan Pap Smear (deteksi dini kanker serviks), dan 2,5 New Vision Generation dalam periksa mata yang semuanya 100 % gratis.


Selain itu, acara kali ini tak hanya melibatkan pegawai dan stakeholder, namun turut mengikut sertakan masyarakat di lingkungan KPKNL Tangerang I. Sebagai wujud kepedulian akan kesehatan, khususnya kaum perempuan, KPKNL Tangerang I ingin meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat sekitar, para stakeholder, dan pegawai KPKNL Tangerang I khususnya tentang pentingnya menjaga kesehatan sebagai salah satu indikator dalam implementasi Program Pengarusutamaan Gender (PUG) yang selaras dengan tujuan KPKNL Tangerang I untuk menjadi kantor pelayanan erbaik.


Acara ini dipandu oleh Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Nova Nuryana Lubis dan diikuti oleh 77 orang masyarakat sekitar, 18 orang stakeholder, dan 72 orang pegawai beserta pegawai OJT KPKNL Tangerang I dan Tangerang II. Para peserta sangat terlihat antusias dalam melakukan berbagai pemeriksaaan kesehatan yang tersedia.


Kepala KPKNL Tangerang I Mas Agus Subakti dalam sambutannya mengatakan dalam rangka implementasi PUG, KPKNL Tangerang I ingin lebih responsif terhadap gender, baik laki-laki maupun perempuan yang juga terkait dengan kesehatan. “Terkadang kita sibuk dengan kegiatan sehar-hari baik di kantor maupun dirumah sehingga sering lupa memeriksakan diri terkait dengan kesehatan kita,” ujarnya.

KPKNL Tangerang I, lanjutnya, mengadakan acara pemeriksaan kesehatan ini sebagai salah satu kontribusi dalam menuju Kantor Pelayanan Terbaik (KPT), serta sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, stakeholder dan pegawai khususnya. Acara ini diharapkan dapat memberikan manfaat seluas-luasnya kepada peserta”.


Mas Agus Subakti juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang turut serta membantu kelancaran dan berjalannya acara ini yaitu Kimia Farma, BPJS Kesehatan, dan juga 2.5 New Vision Generation. Selain menyediakan pemeriksaan kesehatan, Kimia Farma yang diwakili oleh Indrawati, turut memberikan edukasi  terkait Pap Smear. Indrawati menyampaikan bahwa kanker serviks adalah suatu penyakit yang menyerang pada sistem reproduksi wanita dan merupakan kasus yang paling banyak menyerang wanita di seluruh dunia.


Kanker serviks, lanjutnya, memiliki empat tahapan, apabila sudah mencapai stadium 3, maka kanker ini sudah menyerang sampai ke jaringan lunak. Untuk mendeteksi kanker serviks ada tiga cara yaitu IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat), Pap Smear (Pemeriksaan Sitologi), dan HPV-DNA (Pemeriksaan HPV-DNA). “Untuk pencegahannya sendiri, bisa dengan melakukan pemeriksaan pap smear, vaksinasi, no free sex (tidak berhubungan seks bebas-red), menjalani diet seimbang, serta menghindari produk kimia berbahaya,” ungkapnya.. Sedangkan untuk penanggulangan, dirinya menjelaskan kanker serviks itu sendiri ada tiga cara, yaitu operasi pengangkatan, radio terapi, dan radio partikel.


Pemeriksaan Kesehatan yang disediakan cukup beragam mulai dari cek gula darah, tensi darah, asam urat, dan tak ketinggalan yaitu monitoring kesehatan dengan alat Quantum Resonance Analyzer yang merupakan metode canggih dalam mendeteksi kondisi tubuh oleh Kimia Farma. Sementara pemeriksaan Pap Smear merupakan cara mendeteksi dini kanker leher rahim (serviks) yang dilakukan bersama oleh Kimia Farma dan BPJS Kesehatan. Selain itu, 2.5 New Vision Generation menghadirkan Pemeriksaan Mata yang meliputi Miopi, Presbiopi, Minus, Plus, dan Katarak.


Karena masih sangat kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia terutama perempuan akan pentingnya menjaga kesehatan alat reproduksi. Padahal pemerintah juga telah menyediakan pemeriksaan kanker serviks secara gratis kepada pasien BPJS di seluruh Indonesia. Tingginya angka kematian wanita setiap harinya yang disebabkan kanker rahim (serviks) mencapai 60 orang. Angka ini dapat diturunkan apabila masyarakat Indonesia lebih waspada dan peduli dengan melakukan pencegahan yang salah satunya dengan melakukan pap smear dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Dengan dilakukannya acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, stakeholder, dan pegawai khususnya untuk menjaga kondisi kesehatan tubuhnya. (Narasi : Annisa & Novriyanti, Foto : Lucky Ariwibowo Teks/foto : Tim Humas KPKNL Tangerang I (*)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Taman Makam Pahlawan (T.M.P.) Taruna - Kota Tangerang 15111
(021) 55794272
(021) 55794017
kpknl.tangerang1@kemenkeu.go.id