Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Gelar Aksi Donor Darah, Antusiasme Melebihi Ekspektasi
Apit Rina Wahidah
Senin, 01 Oktober 2018   |   3553 kali

Tangerang - KPKNL Tangerang I menggelar aksi Donor Darah. Kegiatan ini sebagai salah satu rangkaian Action Plan dalam rangka optimalisasi branding image KPKNL Tangerang I dalam pembentukan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Dilaksanakan di Aula KPKNL Tangerang I pada Kamis 27 September 2018, kegiatan ini bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang.

Dalam acara ini, setidaknya lebih dari 30 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Jumlah ini melampaui jumlah pada saat dilakukan pendataan awal calon pendonor.  Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, dengan sangat terpaksa ada beberapa pendaftar yang kecewa. Beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. Penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah, dan baru melaksanakan vaksin.


Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah adalah pendonor berusia 17 hingga 70 tahun. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole di bawah 180 dan diastole di bawah 100, untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Sementara, orang dengan tekanan darah rendah, tekanan darah sistole/diastole yang dianggap aman adalah 90/50. Pendonor juga sebaiknya memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dL, dan tidak lebih dari 20 g/dL.


Disamping hal di atas telah dipenuhi, syarat lainnya yaitu memiliki tubuh sehat secara jasmani. Hal ini penting mengingat darah pendonor akan masuk ke dalam tubuh seseorang.


Para peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini terdiri dari para pegawai pada KPKNL Tangerang I dan KPKNL Tangerang II serta stakeholder yang berasal dari Satuan Kerja. Beberapa dari peserta sudah terbiasa mendonorkan darahnya dan bahkan terdaftar menjadi pendonor tetap.


“Saya sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan (donor darah) ini,” ujar Wahyudi, pendonor yang merupakan pegawai pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Tangerang. Menurutnya, ia telah rutin melakukan donor darah setiap 3 (tiga) bulan sekali.  Berbeda dengan M. Yunus, pegawai pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Tangerang. Ia merasa  kecewa karena gagal melakukan donor darah disebabkan tidak lolos tes medis.


Aksi donor darah ini juga mendapatkan apresiasi positif dari petugas UTD PMI Kota Tangerang.  Disampaikannya bahwa donor darah kali ini (di KPKNL Tangerang I) diistilahkan dengan ‘panen’. Hal ini karena banyaknya pendonor yang bergolongan darah AB. Biasanya, jarang sekali dalam satu kegiatan mendapatkan pendonor dengan golongan darah AB yang banyak. Diharapkan, kedepannya kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin.


(Teks./Foto : Apit Rina/Migga)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini