Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang I > Artikel
Mental Health Awareness
Nural Fajri
Senin, 05 Desember 2022   |   22170 kali

Halo Sobat Tekad, kali ini kita akan membahas “Apa Sih Mental Health Itu?” Mental health adalah keadaan sejahtera di mana setiap individu bisa mengeluarkan potensi di dalam diri masing masing (Menurut World Health Organization). Jadi, kesehatan mental merujuk pada kondisi seseorang yang sedang berada di dalam suatu peristiwa yang mempengaruhi kondisi dirinya baik itu positif maupun negatif. Gangguan kesehatan mental meliputi depresi, kecemasan berlebih, bipolar disorder, dan lain lain. Kesehatan mental adalah cara kita berpikir, merasakan, dan bertindak.

Kesehatan mental atau mental health sering dianggap sepele, banyak orang orang yang menganggap bahwa kesehatan mental itu hal yang biasa dan tidak berpengaruh terhadap kehidupan sehari hari, bahkan ada yang menganggap bahwa orang yang memiliki gangguan kesehatan mental adalah orang yang tidak waras. Namun, sebenarnya kesehatan mental itu menjadi hal yang cukup penting loh Sobad, karena sebenarnya kesehatan mental akan mempengaruhi kehidupan kita sehari hari, seperti bisa mewujudkan potensi kita yang sesungguhnya, lebih produktif, dan lebih bersemangat.

Lantas, apa itu Mental Health Awareness? Jadi, itu adalah upaya berkelanjutan untuk mengurangi stigma atau stereotip mengenai gangguan mental, berbagi pengalaman, dan menyadari pentingnya kesehatan mental itu. Berikut adalah tips untuk meningkatkan kesadaran mentalmu sobat tekad,

·       Berani speak up untuk diri sendiri

o   Lebih berani untuk bisa menceritakan pengalaman atau gangguan mental anda kepada orang yang sudah dipercaya, ataupun kepada yang lebih professional dalam masalah mental.

·       Pelajari tentang kesehatan mental

o   Ketika ada waktu senggang, pelajari tentang pentingnya kesehatan mental dan kebugaran mental. Pahami juga tipe tipe gangguan mental tentang gejala, penyebab, dan cara menanggulanginya.

Nah sobat tekad, itu adalah beberapa tips untuk meningkatkan kesadaran mental anda. Ada juga beberapa cara untuk berdamai dengan diri sendiri menurut dr. Lizsa Oktavyanti sebagai berikut :

·       Berkomunikasi dengan orang terdekat, terbuka untuk menceritakan hal yang dialami, maka bebannya akan berkurang.

·       Mempunyai hobi atau aktivitas baru

·       Menghargai setiap kemajuan yang dicapai, dengan self-reward

·       Menangis, dengan menangis dapat mengurangi beban perasaan, dan akan lebih lega karena sudah meluapkan emosi dengan menangis

·       Mencoba menghadapi rasa takut

·       Berpikir positif dan menyemangati diri

·       Mengurangi sikap ambisius

·       Berusaha memahami dan menyadari kecewa adalah bagian dari kehidupan, sama halnya dengan kegagalan yang juga merupakan bagian dari kehidupan.

 

Source : https://www.kompasiana.com/dashra/6328923a165bcf14584812e3/apakah-mental-health- awareness-itu-penting#:~:text=Mental health awareness adalah upaya,dengan berbagi pengalaman pribadi kita.

https://www.sehatq.com/forum/mental-health-awareness-q45794 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini