Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang I > Artikel
Social Media untuk bisnis? Emang bisa?
Nural Fajri
Senin, 24 Oktober 2022   |   2583 kali

Halo Sobat Tekad, siap untuk membulatkan tekad anda hari ini? Oh tentu hehehe. Pada kali ini kita akan membahas sebuah topik yang cukup hits sekarang ini. Karena ini adalah alasan mengapa banyak sekali konten konten viral beredar yang bisa kita lihat dimanapun dan kapanpun. Sobat Tekad pasti sudah bisa menebak, dan yaa itu adalah media sosial. Media sosial adalah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara daring yang memungkinkan manusia untuk berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Banyak sekali media sosial yang bisa kita akses melalui gadget kita seperti Instagram, Twitter, YouTube, Tik Tok, Facebook, Telegram, LinkedIn, WhatsApp, dan lain lain. Mari kita bahas lebih lanjut yuk.

 

Beragam jenis media sosial ini memiliki kegunaan yang berbeda beda sobat, kita harus memahami kegunaannya dan konten apa yang bisa kita unggah nanti. Seperti Instagram yang lebih digunakan untuk mengunggah foto, video, Instastory, dan yang terbaru adalah Instagram Reels. Nah, kalau Twitter biasanya digunakan untuk mengunggah tweet/cuitan, seperti “apa yang sedang dipikirkan?”, sehingga banyak dari pengguna Twitter yang biasanya mengunggah tweet mengenai keluh kesah mereka, pengalaman kehidupan mereka, ataupun membahas berita, otomotif, olahraga, musik, dan lain lain. Selanjutnya, media sosial yang lagi nge-tren banget belakangan ini yaitu TikTok. Memang benar, TikTok ini sedang lagi naik daun karena konten video pendeknya yang kebanyakan lucu, unik, informatif, dan viral. Dengan durasinya yang singkat membuat penonton tidak bosan dengan setiap kontennya dan terkesan tidak monoton sehingga akan lebih mudah untuk meraih banyak penonton. Jadi, sekarang kita bisa paham akan kegunaannya masing masing ya sobat. Untuk mengunggah foto, update story terkini kita gunakan Instagram. Untuk menggunggah konten video kita bisa gunakan Youtube & TikTok. Untuk mengunggah status/cuitan kita gunakan Twitter & Facebook. Untuk keperluan komunikasi chatting kita gunakan WhatsApp & Telegram.

 

Nah Sobat Tekad, selanjutnya kita akan bahas kegunaan media sosial lainnya yaitu bisnis. Sekarang ini, media sosial tidak hanya digunakan untuk unggahan pribadi saja namun bisa digunakan untuk kepentingan bisnis loh sobat. Banyak perusahaan perusahaan sekarang ini yang menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan mereka dari segi bisnis maupun brand awareness. Ada juga fungsi media sosial yang bermanfaat untuk bisnis loh, antara lain :

·         Mengembangkan bisnis.

·         Memperluas jaringan.

·         Meningkatkan popularitas produk.

·         Mendapatkan pelanggan baru.

·         Meningkatkan traffic pengunjung Website dan peringkat Search Engine.

·         Memberikan pengalaman bagi pelanggan.

·         Menjaga hubungan baik dan kepuasan Pelanggan.

·         Kecepatan dan kemudahan berbagi konten dan iklan.

·         Memangun loyalitas dan relasi pelanggan.

·        

 

Mendapatkan informasi penting tentang kompetitor.

 

Mereka menggunakan media sosial untuk bisa menjangkau lebih dekat dengan konsumen, segmentasi pasar dengan cara membuat konten, membuat kampanye, informasi dan update terkini. Sobat Tekad bisa juga melihat akun Instagram dan Facebook dari KPKNL Tangerang 1 yang memberikan update update terkini terkait lelang, informasi, dan juga konten menarik lainnya. Oh iya, jangan lupa di-follow akun Instagram dan Facebook KPKNL Tangerang 1 yah sobat.

 

Mengutip dari WeAreSocial, transformasi digital sudah sangat berkembang setiap tahunnya. Pada Bulan Januari 2022, Ada 4,62 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia. Angka ini setara dengan 58,4 persen dari total populasi dunia. Pengguna media sosial global telah tumbuh lebih dari 10 persen selama 12 bulan terakhir, dengan 424 juta pengguna baru memulai perjalanan media sosial mereka selama tahun 2021. Selain itu, pengguna internet global telah meningkat menjadi 4,95 miliar pada awal tahun 2022, dengan penetrasi internet sekarang mencapai 62,5

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini