Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bekali BPR-BPRS Seputar Lelang Hak Tanggungan, KPKNL Surakarta - PERBARINDO Solo Raya Gelar FGD
Aji Dwi Nanda
Rabu, 25 Oktober 2023   |   84 kali

Surakarta - Berkolaborasi dengan Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (PERBARINDO) Solo Raya, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta menggelar Forum Group Discussion (FGD) Lelang Hak Tanggungan dengan mengundang seluruh PIC Lelang pada Bank Perkreditan Rakyat Solo Raya pada Selasa (24/10) bertempat di Syariah Hotel Surakarta.

Dalam Acara tersebut KPKNL Surakarta menghadirkan para pejabat fungsional lelang yang bertindak sebagai narasumber yaitu Yayuk Muji Rahayu, FL. Danik Silvianingsih, dan Deddi Irianto serta dibantu oleh Ragil Anwar Riyadi, Moh. Rohman dan Dewanti Agata Sari terkait dengan alur pendaftaran atau pembuatan akun di lelang.go.id dan pendaftaran Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT).

FGD Lelang Hak Tanggungan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars BPR-BPRS oleh seluruh peserta acara. Selanjutnya acara dibuka oleh Moh. Lukman Saleh, Kepala KPKNL Surakarta, dalam pembukaanya pria yang akrab disapa Lukman tersebut menyampaikan apresiasi atas antusiasme peserta lelang dalam menghadiri acara FGD Lelang Hak Tanggungan, selain hal tersebut beliau juga sekilas menyampaikan mengenai profil lelang pada KPKNL Surakarta, serta harapannya bahwa dengan diadakannya FGD Lelang Hak Tanggungan ini, dapat menambah ilmu mengenai lelang hak tanggungan dan tata cara permohonan lelang hak tanggungan kepada KPKNL Surakarta.

Sesi selanjutnya, sambutan oleh Azis Soleh selaku Ketua PERBARINDO Solo Raya menyampaikan apresiasi atas digelarnya acara ini, bahwa lelang merupakan salah satu mekanisme yang dapat dilakukan dalam penyelesaian Non Performing Loan (NPL), diharapkan para PIC lelang di BPR seluruh Solo Raya mendapatkan pembekalan mengenai tata cara pengajuan permohonan lelang hak tanggungan.

Pada inti acara, pemaparan materi dan diskusi interaktif dengan peserta FGD disampaikan secara bergantian oleh FL. Danik Silvianingsih, Yayuk Muji Rahayu, dan Deddi Irianto mengenai

·         Alur Permohonan Lelang secara Online (melalui lelang.go.id),

·         Dokumen Persyaratan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan

·         Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan lelang dan

·         Mitigasi Risiko dan Kunci Sukses lelang eksekusi Hak Tanggungan

Selanjutnya, penyampaian materi mengenai pembuatan akun lelang dengan melakukan praktek langsung kepada BPR yang belum mempunyai akun lelang.go.id dan/atau belum pernah mengajukan permohonan lelang kepada KPKNL Surakarta. Selain hal tersebut juga disampaikan pembekalan mengenai tata cara dan ketentuan pendaftaran SKPT yang merupakan salah satu dokumen persyaratan lelang.

Acara diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada BPR dengan kategori BPR dengan kinerja lelang terbaik tahun 2022 yang diraih oleh PT. BPR Restu Klaten Makmur dan BPR dengan administrasi terbaik tahun 2022 diraih oleh PT. BPR Klaten Sejahtera. (Seksi HI: Aji)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini