Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surakarta > Berita
KPKNL Surakarta Sukses Melelang Barang Sitaan Pajak KPP Pratama Surakarta
Risdian Fajarohman
Kamis, 01 November 2018   |   493 kali

Surakarta – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta berhasil melaksanakan lelang eksekusi Pajak berupa sebidang tanah kosong atas permohonan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta, pada Selasa (30/10). Pelaksanaan Lelang ini adalah bukti nyata sinergi antar unit lintas Eselon  I Kementerian Keuangan dalam mengawal keuangan negara.

Lelang yang digelar di ruang e-Auction Corner KPKNL Surakarta tersebut menggunakan mekanisme penawaran lelang tanpa kehadiran peserta melalui aplikasi e-Auction (open bidding). Bertindak selaku Pejabat Lelang yaitu Hartanto, Pejabat Lelang Kelas I pada KPKNL Surakarta dan bertindak sebagai Pejabat Penjual adalah  Muchamad Chafid Amirrullah dari KPP Pratama Surakarta.  Lelang eksekusi pajak ini cukup spesial karena objek lelang merupakan tanah yang berlokasi di tempat yang strategis yaitu di Jalan Slamet Riyadi Kota Surakarta.

Lelang dibuka oleh Pejabat lelang dengan mengunggah Kepala Risalah Lelang tepat pada pukul 13.30 waktu server. Setelah itu peserta lelang dapat menawar dalam jangka waktu 2 (dua) jam hingga pukul 15.30 waktu server. Sembari menunggu waktu penawaran lelang tersebut, dilakukan diskusi antara Pejabat Lelang, Pejabat Penjual dan Para Saksi terkait bea lelang, jangka waktu pelunasan, dan dokumen-dokumen yang perlu diberikan oleh Penjual kepada Pemenang lelang untuk mengurus kepemilikan tanah objek lelang.

Satu jam berselang tepatnya pukul 14.33 waktu server, mulai muncul penawaran oleh peserta lelang atas objek tanah yang dilelang. Pada akhirnya lelang ditutup tepat pada pukul 15.30 waktu server, peserta yang telah menawar paling tinggi disahkan sebagai Pemenang Lelang dengan Nilai 72 miliar rupiah

Keberhasilan lelang eksekusi pajak ini sudah pasti meningkatkan capaian target lelang KPKNL Surakarta dan penerimaan ke kas negera dari Pajak Penghasilan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak dari Bea Lelang.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini