Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surabaya Meraih Penghargaan Kantor Pelayanan Terbaik 2023
Galuh Mafela Mutiara Sujak
Kamis, 28 Desember 2023   |   88 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surabaya berhasil meraih dua penghargaan sekaligus di sela-sela acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Tahun 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 20 – 24 November 2023 bertempat di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, yaitu Juara 1 - Kantor Pelayanan Terbaik 2023 dan Top 3 - Inovasi Kluster Kantor Vertikal melalui Inovasi Pojok Wani. 

Kantor Pelayanan Terbaik merupakan sebuah ajang yang dikemas dalam sebuah perlombaan yang diikuti oleh tujuh KPKNL dari seluruh wilayah Indonesia. Dari berbagai aspek yang diuji, mulai dari kelengkapan berkas, inovasi, dan presentasi yang diikuti oleh perwakilan kantor, pada akhirnya memunculkan KPKNL Surabaya sebagai juara pertama Kantor Pelayanan Terbaik Tahun 2023. Penghargaan ini merupakan wujud nyata KPKNL Surabaya dalam membangun kantor yang berorientasi pada pelayanan maksimal kepada stakeholder.

Setiap pelayanan mulai dari awal stakeholder datang sampai dengan keperluan selesai dijamin keamanan dan kenyamanan dalam berinteraksi, contohnya adalah dengan penyediaan ruang konsultasi dan ruang laktasi yang nyaman, penyediaan fasilitas ramah kaum rentan, sampai space untuk membaca dan membuat kopi bagi pengunjung. Selain fasilitas, para pegawai dan prosedur diciptakan juga dimaksimalkan untuk bisa memberikan pelayanan yang bisa memuaskan stakeholder dengan moto Wani Cak! Wani Bersih dari segala perbuatan korupsi, dan Wani Melayani dengan sepenuh hati.

Juara I Kantor Pelayanan Terbaik bukan hanya satu-satunya penghargaan yang diraih KPKNL Surabaya. Pada kesempatan yang sama, diwakili oleh Kepala KPKNL Surabaya, Bapak Tunggul Yunianto, KPKNL Surabaya juga mendapatkan penghargaan sebagai Top 3 Inovasi Kluster Kantor Vertikal. Penghargaan ini didapatkan melalui inovasi Pojok Wani KPKNL Surabaya. Perlombaan ini dikemas dalam Kompetisi Inovasi Kekayaan Negara (KIKN) 2023, untuk mendapatkan Penghargaan Top 3 ini, kantor yang berpartisipasi harus melewati Penilaian Desk Evaluation, Penilaian Substansi, serta Tahap Penilaian Presentasi dan Wawancara Kompetisi Inovasi Kekayaan Negara (KIKN) 2023.

Uniknya, Pojok Wani merupakan inovasi berupa sistem pasca lelang. Pojok Wani merupakan Inovasi KPKNL Surabaya berupa Penyediaaan sarana  prasarana khusus untuk  pengurusan SKPT Lelang online dan layanan  Pembuatan Kode Billing  BPHTB pembeli lelang online, Validasi PPh serta elektronik form pasca lelang telah direkomendasikan oleh Direktur Lelang untuk digunakan oleh seluruh KPKNL. Inovasi ini telah diuji oleh Kanwil DJKN Jawa Timur serta direkomendasikan oleh Direktur Lelang untuk dapat direplikasi oleh KPKNL lainnya. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini