Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
MENGENAL INVESTASI EMAS
Awalludin Ikhwan
Senin, 15 Februari 2021   |   1337 kali

Surabaya - Perbincangan tentang jenis investasi apa yang aman di masa pendemi dengan ketidakpastian yang tinggi adalah bahasan yang sedang ramai di jagad dunia maya. Salah satu jawabannya, investasi emas. Di masa pendemi harga emas melambung tinggi, walaupun di hari belakangan ini cenderung menurun. Tetapi tidak mengurangi minat masyarakat untuk berinvestasi emas. Mengenal emas, itulah judul knowledge sharing dari Tiar Nurita Qadarsih, pejabat fungsional pelelang. Sebagai praktisi dalam berivenstasi emas, Tiar membagikan pengalamannya kepada pegawai KPKNL Surabaya pada senin (15/2) secara daring.

Mengawali sharing nya, Tiar memperkenalkan tujuan berinventasi emas yaitu untuk safe haven (aset investasi aman), penampilan, tabungan atau jual beli. Jenis emasnya pun bermacam-macam. Ada yang berbentuk logam mulia, seperti antam, perhiasan dan tabungan. Jenis logam mulia adalah bentuk emas yang paling diminati. Selain karena permintaannya yang tinggi, kemudahan menyimpan dan menjualnya juga merupakan kelebihannya. Tetapi harus berhati-hati karena dalam bentuk yang kecil logam mulia bisa hilang atau terselip waktu menyimpannya. Bentuk lain investasi emas adalah bentuk perhiasan. Namun beresiko rusak secara fisik karena pemakaian atau rusak karena jatuh yang dapat mengurangi nilainya. Bentuk lainnya adalah tabungan yang dapat kita jumpai di pegadaian atau marketplace. Secara umumnya harganya lebih murah karena tidak dikenakan biaya cetak. Namun apabila berkeinginan untuk mencetak tabungan dalam bentuk fisik logam mulia, akan dikenakan biaya cetak yang nilainya apabila dihitung-hitung kurang lebih sama dengan harga beli bentuk fisik logam mulia.

Selanjutnya Tiar juga memperkenalkan tempat membeli emas yaitu lewat butik emas, toko emas, pegadaian dan perorangan sekaligus menjelaskan masing-masing kekurangan dan kelebihannya. Knowledge sharing ini mendapat respon positif dengan jumlah kehadiran serta banyaknya pertanyaan dari pegawai. Hal yang ditanyakan seperti waktu yang tepat untuk membeli emas, pemilihan bentuk investasi emas serta indikator yang mempengaruhi naik turunnya harga emas. Benar ternyata, Investasi emas, ilmunya menarik untuk dibahas.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini