Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surabaya > Artikel
Jalesveva Jayamahe! Museum Pusat TNI AL Hadir di Surabaya dengan Teknologi Canggih
Galuh Mafela Mutiara Sujak
Selasa, 26 Maret 2024   |   74 kali

Para pecinta sejarah maritim dan kejayaan TNI Angkatan Laut (AL) Indonesia kini memiliki destinasi wisata edukasi menarik di Surabaya.  Museum Pusat TNI AL yang diberi nama "Jalesveva Jayamahe" resmi dibuka untuk umum pada 20 Januari 2024. Museum ini tak hanya menyuguhkan koleksi benda-benda bersejarah TNI AL, tapi juga dilengkapi dengan teknologi modern yang membuat pengalaman berwisata semakin seru dan informatif.

Hadirnya museum ini merupakan bentuk inovasi dari segi pengelolaan Barang Milik Negara, berupa pemanfaatan lahan kosong milik TNI AL; serta wujud kecintaan kepada TNI AL yang ingin mewariskan sejarah dan pengetahuan mengenai TNI AL kepada masyarakat pada umumnya.

Menilik Sejarah Maritim Indonesia

Bangunan museum terdiri dari beberapa zona, yaitu Gedung Heritage dan Hanggar, Gedung Teater, dan Replika KRI RE Martadinata. Di zona Gedung Heritage dan Hanggar, pengunjung bisa melihat koleksi artefak kelautan dan persenjataan TNI AL dari masa ke masa. Ada pula diorama yang menggambarkan peristiwa heroik pertempuran TNI AL menjaga kedaulatan NKRI.

Belajar dengan Teknologi 4.0

Sesuai dengan namanya yang berarti "di lautlah kita jaya", museum ini mengedepankan pemanfaatan teknologi 4.0. Pengunjung bisa menikmati pengalaman berinteraksi dengan koleksi museum secara digital. Selain itu, tersedia juga ruang teater yang memutar film dokumenter tentang sejarah TNI AL dan pertahanan laut Indonesia.

Sensasi Kapal Perang di Replika KRI RE Martadinata

Salah satu daya tarik utama museum ini adalah Replika KRI RE Martadinata. Pengunjung bisa merasakan sensasi berada di dalam kapal perang legendaris milik TNI AL tersebut. Lengkap dengan ruang kendali, persenjataan, dan ruang mesin, pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana para personel TNI AL bertugas menjaga keamanan laut Indonesia.

Informasi Tiket dan Jam Buka

Museum Jalesveva Jayamahe buka untuk umum mulai hari Selasa hingga Minggu, pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB. Untuk tiket masuk, museum ini menawarkan dua jenis, yaitu tiket reguler dan tiket 5D immersive. Informasi lebih lanjut mengenai harga tiket dan program museum bisa didapatkan langsung di lokasi atau melalui website resmi TNI AL.


Kehadiran Museum Pusat TNI AL Jalesveva Jayamahe menjadi angin segar bagi dunia pariwisata Surabaya serta sebagai contoh pemanfaatan BMN yang patut ditiru oleh satker Kementerian/Lembaga lainnya. Museum ini tidak hanya menjadi tempat rekreasi, tapi juga sarana edukasi yang menarik tentang sejarah maritim Indonesia dan peran penting TNI AL dalam menjaga keutuhan NKRI.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini