Penulis Raudatul Munawwarah - Kasubbag Umum KPKNL Surabaya
KPKNL Surabaya adalah salah satu unit vertikal yang
berada di bawah DIrektorat Jenderal Kekayaan Negara dengan beban kerja yang relatif
tinggi. Dengan membawahi 4 (empat) wilayah kerja yaitu Kota Surabaya, Kabupaten
Gresik, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Tuban, KPKNL Surabaya harus menerapkan
layanan yang prima bagi semua pemangku kepentingan. Dengan tugas dan fungsi (tusi) pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara,
pelayanan lelang dan pelayanan penilaian, KPKNL Surabaya mempunyai capaian kinerja yang tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari tabel Nilai
Capaian IKU KPKNL Surabaya pada tahun 2022 terkait tusi layanan teknis, seperti
dibawah ini:
Uraian |
Target |
Capaian |
% |
Persentase
Penerimaan Negara dari Pengelolaan Kekayaan Negara |
86.871.000.000 |
Rp97.030.098.248,00 |
111,69 |
Persentase
realisasi pokok lelang |
1.126.000.000.000 |
Rp1.379.064.083.496,00 |
122,47 |
Persentase
Penurunan Outstanding Piutang Negara |
6296576263 |
22443170558 |
356,43 |
Persentase
bidang tanah yang disertipikatkan |
1061 |
1062 |
100,09 |
Persentase
penyelesaian Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) |
162 |
197 |
121,6 |
Persentase
Pelaksanaan lelang e-auction dan e-conventional |
92% |
98,85% |
107,44 |
Deviasi
ketergunaan hasil penilaian |
19% |
0,25% |
198,68 |
*Sumber data : NKO KPKNL Surabaya Tahun 2022 |
Dengan target dan beban kerja seperti di atas, KPKNL
Surabaya harus mampu melayani dengan baik seluruh pemangku kepentingan. KPKNL
Surabaya mempunyai komitmen untuk melayani semua pemangku kepentingan dengan jargon yang mengambil kearifan lokal
yang menggambarkan pribadi orang Suroboyo yang Wani (Berani) yaitu “Wani
Bersih, Wani Melayani, Wani Cak” . Arti dari jargon tersebut KPKNL Surabaya
dalam melayani akan berkomitmen dengan integritas tinggi untuk berani bersih dalam melayani, serta KPKNL Surabaya berkomitmen untuk berani
dalam melayani tanpa membeda-bedakan
suku, ras, agama maupun golongan.
Guna mendukung layanan kepada semua pemangku
kepentingan, di tahun 2023, KPKNL Surabaya melakukan penataan ulang
terhadap Area Pelayanan Terpadu (APT) KPKNL Surabaya. Hal ini dimaksudkan agar
semua pemangku kepentingan merasakan
kenyamanan terhadap layanan yang diberikan oleh KPKNL Surabaya. Rasa
nyaman tersebut dirasakan karena layanan prima yang diberikan oleh
petugas APT KPKNL Surabaya, selain itu didukung dengan suasana ruangan APT yang
nyaman. Penataan tersebut dilakukan dengan lebih menyempurnakan ruang APT yang
sudah ada sebelumnya dengan ditambah dengan area-area baru guna menambah
kenyamanan. Dalam penataan ulang ruang APT ini, KPKNL Surabaya memberikan
sentuhan konsep green design, di
lokasi ditempatkan tanaman berbentuk vertial garden dengan tanaman yang berbentuk kolam mini dengan dikelilingi tanaman. Disamping
perubahan penataan, di APT KPKNL Surabaya juga ditambahkan area-area baru
seperti area baca, area ngopi (penambahan dari area ngopi sebelumnya) dan juga
area UMKM.
Kembali lagi ke jargon layanan yang sudah Penulis sebutkan
di atas, area APT KPKNL Surabaya juga bias disebut area Pojok Wani, dengan nama
yang seirama semangatnya dengan jargon yang dimiliki oleh KPKNL Surabaya. Dalam
area Pojok Wani ini terdapat area-area yang KPKNL Surabaya sediakan untuk
mengakomodir kebutuhan dari pemangku kepentingan, seperti:
1. Pojok Layanan
Point utama area layanan yang disediakan oleh KPKNL
Surabaya untuk melayani semua pemangku kepentingan dalam hal layanan Pengelolaan
BMN, Pelayanan Pengurusan Piutang Negara, Pelayanan Lelang dan juga Pelayanan
Penilaian.
2. Pojok E-Auction
Area yang digunakan untuk melaksanakan lelang secara on-line.
3.
Pojok UMKM
Area yang disediakan untuk men-display objek yang akan
dijadikan lelang UMKM
4.
Pojok Baca
Ruang baca bagi pemangku kepentingan untuk mengisi waktu
ketika menunggu antrian layanan.
5.
Pojok Ngopi
Disediakan bagi pemangku kepentingan yang ingin menikmati kopi
sambil menunggu giliran layanan dari petugas APT.
6.
Pojok Ruang Bermain Anak
Ruang Bermain untuk anak-anak yang memerlukan area bermain ketika ikut
orang tuanya dalam mengurus keperluannya di KPKNL Surabaya.
7.
Pojok Laktasi
Ruangan yang disediakan untuk ibu-ibu yang memerlukan ruangan untuk menyusui buah
hati.
KPKNL Surabaya berkomitmen untuk melakukan perbaikan secara terus menerus dalam hal layanan, baik dalam hal pelayanan dari petugas maupun area yang disediakan. Semoga dengan inovasi dan perbaikan yang dilakukan secara terus menerus, KPKNL Surabaya semakin mampu memberikan kenyamanan layanan bagi semua pemangku kepentingan.
KPKNL
Surabaya Wani Bersih, Wani Melayani, Wani Cak…!