Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surabaya > Artikel
Selamat Datang di KPKNL Surabaya
Galuh Mafela Mutiara Sujak
Selasa, 16 Mei 2023   |   1707 kali

Penulis Raudatul Munawwarah - Kasubbag Umum KPKNL Surabaya


KPKNL Surabaya adalah salah satu unit vertikal yang berada di bawah DIrektorat Jenderal Kekayaan Negara dengan beban kerja yang relatif tinggi. Dengan membawahi 4 (empat) wilayah kerja yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Tuban, KPKNL Surabaya harus menerapkan layanan yang prima bagi semua pemangku kepentingan. Dengan tugas dan fungsi (tusi) pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara, pelayanan lelang dan pelayanan penilaian, KPKNL Surabaya mempunyai capaian kinerja yang tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari tabel Nilai Capaian IKU KPKNL Surabaya pada tahun 2022 terkait tusi layanan teknis, seperti dibawah ini:

Uraian

Target

Capaian

%

Persentase Penerimaan Negara dari Pengelolaan Kekayaan Negara

86.871.000.000

Rp97.030.098.248,00

111,69

Persentase realisasi pokok lelang

1.126.000.000.000

Rp1.379.064.083.496,00

122,47

Persentase Penurunan Outstanding Piutang Negara

6296576263

22443170558

356,43

Persentase bidang tanah yang disertipikatkan

1061

1062

100,09

Persentase penyelesaian Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN)

162

197

121,6

Persentase Pelaksanaan lelang e-auction dan e-conventional

92%

98,85%

107,44

Deviasi ketergunaan hasil penilaian

19%

0,25%

198,68

 

 

*Sumber data : NKO KPKNL Surabaya Tahun  2022

 

Dengan target dan beban kerja seperti di atas, KPKNL Surabaya harus mampu melayani dengan baik seluruh pemangku kepentingan. KPKNL Surabaya mempunyai komitmen untuk melayani semua pemangku kepentingan  dengan jargon yang mengambil kearifan lokal yang menggambarkan pribadi orang Suroboyo yang Wani (Berani) yaitu “Wani Bersih, Wani Melayani, Wani Cak” . Arti dari jargon tersebut KPKNL Surabaya dalam melayani akan berkomitmen dengan integritas tinggi  untuk berani bersih dalam melayani,  serta KPKNL Surabaya berkomitmen untuk berani dalam melayani  tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama maupun golongan.

Guna mendukung layanan kepada semua pemangku kepentingan, di tahun 2023, KPKNL Surabaya melakukan penataan ulang terhadap Area Pelayanan Terpadu (APT) KPKNL Surabaya. Hal ini dimaksudkan agar semua pemangku kepentingan merasakan  kenyamanan terhadap layanan yang diberikan oleh KPKNL Surabaya. Rasa nyaman tersebut dirasakan karena  layanan prima  yang diberikan oleh petugas APT KPKNL Surabaya, selain itu didukung dengan suasana ruangan APT yang nyaman. Penataan tersebut dilakukan dengan lebih menyempurnakan ruang APT yang sudah ada sebelumnya dengan ditambah dengan area-area baru guna menambah kenyamanan. Dalam penataan ulang ruang APT ini, KPKNL Surabaya memberikan sentuhan  konsep green design, di lokasi ditempatkan tanaman berbentuk vertial garden dengan tanaman yang berbentuk kolam mini dengan dikelilingi tanaman. Disamping perubahan penataan, di APT KPKNL Surabaya juga ditambahkan area-area baru seperti area baca, area ngopi (penambahan dari area ngopi sebelumnya) dan juga area UMKM.

Kembali lagi ke jargon layanan yang sudah Penulis sebutkan di atas, area APT KPKNL Surabaya juga bias disebut area Pojok Wani, dengan nama yang seirama semangatnya dengan jargon yang dimiliki oleh KPKNL Surabaya. Dalam area Pojok Wani ini terdapat area-area yang KPKNL Surabaya sediakan untuk mengakomodir kebutuhan dari pemangku kepentingan, seperti:

1.       Pojok Layanan

Point utama area layanan yang disediakan oleh KPKNL Surabaya untuk melayani semua pemangku kepentingan dalam hal layanan Pengelolaan BMN, Pelayanan Pengurusan Piutang Negara, Pelayanan Lelang dan juga Pelayanan Penilaian.

2.       Pojok E-Auction

 Area yang digunakan untuk melaksanakan lelang secara on-line.

3.       Pojok UMKM

 Area yang disediakan untuk men-display objek yang akan dijadikan lelang UMKM

4.       Pojok Baca

 Ruang  baca bagi pemangku kepentingan untuk mengisi waktu ketika menunggu antrian layanan.

5.       Pojok Ngopi

 Disediakan bagi pemangku kepentingan yang ingin menikmati kopi sambil menunggu giliran layanan dari petugas APT.

6.       Pojok Ruang Bermain Anak

 Ruang Bermain untuk anak-anak yang memerlukan area bermain ketika ikut orang tuanya dalam mengurus keperluannya di   KPKNL Surabaya.

7.       Pojok Laktasi

 Ruangan yang disediakan untuk ibu-ibu yang memerlukan ruangan untuk menyusui buah hati.

KPKNL Surabaya berkomitmen untuk melakukan perbaikan secara terus menerus dalam hal layanan, baik dalam hal pelayanan dari petugas maupun area yang disediakan. Semoga dengan inovasi dan perbaikan yang dilakukan secara terus menerus, KPKNL Surabaya semakin mampu memberikan kenyamanan layanan bagi semua pemangku kepentingan.

 

KPKNL Surabaya Wani Bersih, Wani Melayani, Wani Cak…!

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini